Politik Pemerintahan

Ditanya Siapa Calon Bupati Tuban, Ini Jawaban PKB Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – DPW PKB Jatim mengaku belum membahas tentang sosok calon Bupati Tuban di Pilkada 2020. PKB menjadi pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Tuban.

Di Pileg 2019, PKB berhasil menambah kursi dari 14 menjadi 16 kursi di parlemen. “Kami tentunya akan memberangkatkan calon di Pilkada Tuban. Namun, saat ini kami masih wait and see,” kata Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur, Hikmah Bafaqih, Selasa (11/6/2019).

Penentuan calon Bupati Tuban, menurut dia, DPW akan mengacu pada mekanisme Desk Pilkada di DPP PKB. “Soal kader atau bukan, tentu diupayakan kader sendiri. Yang penting adalah memenuhi kualifikasi,” jelasnya.

Sekadar diketahui, sejumlah nama mulai meramaikan bursa calon Bupati Tuban di Pilkada 2020. Di antaranya petahana wakil bupati, anak mantan bupati, hingga mantan staf khusus menteri.

Selain nama Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, juga ada nama Aditya Halindra Faridzky dan anak mantan Bupati Tuban Haeny Relawati, Rini Widiastuti.

Kemudian, ada nama Lukmanul Hakim, politisi PKB yang juga mantan Staf Khusus Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Menristekdikti. Bahkan, Lukmanul Hakim sudah memiliki relawan pemenangan.

M. Fuadi Luthfi, Ketua Tim Relawan Lukman untuk Tuban Maju menyebut, PKB diuntungkan, jika mengusung anggota DPR RI dari PKB itu. “Bisa mengusung sendiri tanpa koalisi, bisa juga berkoalisi dengan partai lain untuk membangun harmonisasi,” tuturnya.

Ketua KPU Arief Budiman menyebut, ada sekitar 270 daerah yang akan menggelar pilkada serentak di 2020. Selain itu juga ada tiga daerah pemekaran. Jika memenuhi syarat, tiga daerah pemekaran baru itu akan diikutkan Pilkada serentak 2020, sehingga total ada 273 daerah yang menggelar Pilkada serentak. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar