Politik Pemerintahan

Distribusi Beras Bantuan Pemerintah di Tuban Serentak Hari Ini

Tuban (beritajatim.com) – Penyaluran untuk Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada awal tahun 2021 di Kabupaten Tuban sudah mulai didistribusikan secara serentak hari ini di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Tuban, Kamis (14/1/2021).

Pola pendistribusian program bantuan dari pemerintah pusat itu masih sama dengan tahun lalu yakni dengan cara disalurkan melalui agen-agen yang ada di wilayah desa masing-masing penerima. Adapun untuk beras yang didistribusikan untuk BPNT tersebut di wilayah Kabupaten Tuban sudah menunggakan beras dengan kualitas Premium.

Pantauan beritajatim.com, proses distribusi penyaluran BPNT berupa beras di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu dilakukan pemeriksaan secara ketat oleh Dinas Sosial Kabupaten Tuban. Selain tim dari Dinsos Tuban, pengecekan kondisi beras yang akan dikirim ke agen itu dilakukan bersama-sama dengan pihak Muspika dan juga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Kita secara bersama-sama sudah melakukan pemeriksaan kualitas dari beras yang akan didistribusikan hari ini. Kualitasnya premiun, jadi ini berasnya memang bagus,” terang Danarji, Camat Semanding, Kabupaten Tuban.

Camat Semanding menambahkan, terkait dengan kualitas BPNT di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu sudah tidak pernah adalagi gejolak masalah kualitas berasnya selama beberapa bulan terakhir. Pasalnya semua kualitas beras yang didistribusikan untuk program BPNT jenisnya adalah Premium.

“Sejak polanya menggunakan beras Premiun sudah tidak pernah ada lagi komplain masalah kualitas berasnya,” tambahnya.

Dalam proses pendistribusian program BPNT hari ini, pihak Dinas Sosial yang langsung turun lapangan untuk melakukan pengecekan itu meminta kepada suplayer supaya segara melakukan distribusi beras mulai hari ini ke masing-masing agen. Sehingga para warga penerima bantuan itu sudah bisa mencairkan bantaun tersebut.

“Hari ini serentak sudah mulai dilakukan distribusi di seluruh kecamatan. Kita meminta supaya beras yang dikirim ke agen kualitasnya sama dengan yang kita cek bersama-sama disini,” terang Rita Zahara, tim perwakilan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (Dinsos P3A) Tuban yang melakukan pengecekan distribusi beras BPNT.

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban pada bulan Januari 2021 ini jumlah warga yang masuk dalam BPNT ini sebanyak 5.694 KPM. Jumlah warga penerima BPBT di Kecamatan Semanding itu terjadi pengurangan sebanyak 1661 orang dari tahun 2020 lantaran tercoret secara sistem dari kementerian sosial.

“Untuk jumlah order pada bulan Januari 2021 ini di Kecamatan Semanding sebanyak 5.694 KPM, karena ada pengurangan dari pada tahun kemarin. Yang paling banyak dicoret dari sistem itu dari Desa Bektiharjo, Sambongrejo, Prunggahan Kulon dan Kowang,” ungkap Nurhadi, TKSK Kecamatan Semanding, Tuban. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar