Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Disperindag Magetan Ngantor di Rumah Kemasan, Kepala Dinas: Efisiensi Anggaran

Magetan (beritajatim.com) – Tak lagi ngantor di Jalan Karya Dharma, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan kini berkantor di Jalan Tripandhita, Magetan. Tepatnya di bangunan Rumah Kemasan yang dibangun pada 2020 lalu dengan total anggaran senilai Rp 2,3 miliar.

Apakah Rumah Kemasan itu dipindah? Tidak, rumah Kemasan ada di lantai dasar gedung tersebut. Sehingga, Disperindag dan Rumah Kemasan ada di satu gedung yang sama. Rumah Kemasan itu dilengkapi peralatan penunjang untuk aktivitas design dan redesign kemasan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Hal itu memang diakui oleh Sucipto, Kepala Disperindag Magetan. Menurut dia, tak ada salahnya Disperindag berkantor di gedung rumah kemasan. Dia mengaku, gedung lama kantor Disperindag di Jalan Karya Dharma sudah tak representatif. Selain tak ada ruang pertemuan, juga kantor itu sudah hampir ambruk, banyak atap bocor, terlebih tanah dan bangunanya bukan aset Pemkab Magetan melainkan Pemprov Jatim.


“Jika berkantor di sini kan bisa sekalian menghandle langsung rumah kemasan. Bayangkan jika rumah kemasan ini tidak dipakai siapa yang merawat, mulai dari kebersihan hingga tagihan listriknya. Kan jadinya lebih ekonomis. Penggunaan anggaran jadi lebih efisien,” kata Sucipto, Rabu (3/8/2022).

Kata Cipto, aktivitas di rumah kemasan tetap berjalan, aktivitas disperindag juga berjalan. Kantor di atas, dan rumah kemasan berada di lantai bawah. Jika masyarakat mau ke dinas ataupun rumah kemasan bisa terlayani sekaligus.

“Kerja menjadi lebih efektif bila dibandingkan sebelumnya. Intinya bila ada masyarakat yang mempertanyakan, rumah kemasan tetap berjalan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, secara peruntukan rumah kemasan dibagun agar dapat memfasilitas para pelaku UMK dan IKM di wilayah Magetan agar mendapatkan desain dan redesain kemasan produk UMKM dan IKM-nya. Kemudian membuatkan kemasan sampling untuk test market maksimal 100 bungkus kemasan baru. Jika bisa diterima pasar, maka akan direkomendasikan ke percetakan mitra rumah kemasan untuk diproduksi lebih banyak.

Rumah kemasan ini memberikan rekomendasi kepada percetakan-percetakan yang menjadi mitra kemasan untuk diberi harga khusus. Terakhir rumah kemasan diharapkan dapat melaksanakan pelatihan dan pendampingan kemasan produk UMKM dan IKM di Magetan. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev