Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dispendukcapil Ponorogo Rekam e-KTP Untuk Ratusan ODGJ

Sekretaris Dispendukcapil Ponorogo, Heru Purwanto(Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Tidak hanya warga biasa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo juga melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) terhadap orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Dispendukcapil Ponorogo harus melakukan door to door untuk perekaman e-KTP ODGJ tersebut.

Dari database kependudukan Dispendukcapil Ponorogo, ODGJ di bumi reog yang terdata ada 1.073 ODGJ yang wajib e-KTP. Artinya, ODGJ tersebut sudah berumur lebih dari 17 tahun. Dari jumlah itu, yang sudah melakukan perekaman sebanyak 948 ODGJ.

“Itu merupakan data inventaris kami saat ada kegiatan perekaman di lapangan. Kadang ada permintaan perekeman atau pelaporan. Selama ini kami dapatkan jumlahnya sebanyak itu. Dari 1.073 ODGJ yang wajib e-KTP, masih 948 ODGJ atau 88 persen yang sudah melakukan perekaman,” kata Sekretaris Dispendukcapil Ponorogo, Heru Purwanto, Rabu (25/5/2022).

Secara teknis, Dispendukcapil Ponorogo ke tempat yang bersangkutan. Biasanya, ada permintaan dari warga atau pemerintahan desa. Heru menyebut bahwa pihaknya berprinsip, kalau ada penduduk yang belum punya e-KTP disegerakan untuk perekaman.

Lebih lanjut, Heru menceritakan perekaman untuk ODGJ bukan seperti melakukan perekeman kepada warga biasa. Meski diakuinya tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja, kadang-kadang di beberapa kasus keluarganya tidak mau, atau yang bersangkutan atau ODGJ sedang tidak ada di rumahnya.

“ODGJ ini juga tidak bisa direkam pada umumnya. Perekaman iris mata dam sidik jari kadang sulit, sehingga dibiarkan,” katanya.

Setelah berhasil melakukan perekaman terhadap ODGJ, langsung dilakukan cetak e-KTP. Biasanya e-KTP itu diberikan kepada anggota keluarganya. Dalam keterangan di e- KTP itu pun, tidak menyebutkan bahwa yang bersangkutan adalah ODGJ.

“Keterangan tidak ada. Tahunya ODGJ ya cuma diinternal Dispendukcapil Ponorogo sendiri,” pungkasya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar