Politik Pemerintahan

Dispendukcapil Ponorogo Lakukan Perekaman E-KTP Bagi Pemilih Pemula

Perekaman KTP Elektronik di Dispendukcapil Kabupaten Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula sejak awal bulan September lalu. Perekaman bisa dilakukan di kantor Dispendukcapil Ponorogo dan kantor UPT yang tersebar di kecamatan.

Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil  Ponorogo Heru Purwanto mengungkapkan jumlah potensi pemilih pemula pada tahun 2020 di Ponorogo adalah 13 ribu penduduk. Dari jumlah tersebut yang sudah melakukan perekaman KTP-el baru mencapai 50 persen.

“Jadi bulan ini ada sekitar 6 ribu sampai 7 ribu penduduk yang diundang untuk melakukan perekaman,” kata Heru, Senin (14/9/2020).

Selama proses perekaman tersebut, Heru menjamin tidak akan menimbulkan penumpukan massa. Sebab, jumlah undangan itu dibagi di 21 kecamatan yang ada kantor UPT Dispendukcapil-nya. Dalam undangan tersebut, penduduk diberikan waktu satu bulan untuk melakukan perekaman. Dia sengaja tidak menentukan tanggalnya, karena nanti jika dipilihkan biasanya penduduk malah tidak bisa. Sebab, mereka juga punya kepentingan masing-masing.

“Kami rasa dengan cara seperti itu, tidak ada penumpukan massa di satu tempat. Sehingga bisa physical distancing,” katanya.

Heru menambahkan jika pihaknya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama proses perekaman KTP-el. Pemohon wajib menggunakan masker. Selain itu, di tempat perekaman juga disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

“Hand sanitizer pasti kita siapkan, sebab pemohon pasti melakukan perekaman sidik jari jadi pasti akan menyentuh alat perekamnya,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar