Politik Pemerintahan

Dispendukcapil Ponorogo Kebut Perekaman KTP-el Calon Pemilih Pemula

Ponorogo (beritajatim.com) – Penundaan Pilkada yang semula digelar pada tanggal 23 September menjadi 9 Desember, berimbas kepada jumlah pemilih pemula. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) Ponorogo mencatat, ada 2516 remaja yang akan berusia 17 tahun mulai 24 September sampai hari pemungutan suara pada 9 Desember nanti.

“Jadi akan ada sekitar dua ribuan pemilih pemula pada Pilkada 9 Desember mendatang,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Heru Purwanto, Senin (21/6/2020).

Dari jumlah itu, sebagian remaja ini belum melakukan perekaman KTP-el. Tercatat, hanya 800-an orang yang sudah melakukan perekaman. Untuk itu, Heru menyebut pemilih pemula ini akan menjadi prioritas bagi Dispendukcapil Ponorogo.

Foto/ilustrasi KTP

“Akan kami usahakan pemilih pemula ini sudah melakukan perekaman KTP -el. Supaya Desember nanti mereka bisa berpartisipasi pada pesta demokrasi,” katanya.

Dispendukcapil akan berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim wilayah Ponorogo dalam merealisasikan hal itu. Selain itu juga bekerjasama dengan kecamatan-kecamatan, supaya siswa SMA sederajat yang akan berusia 17 tahun, bisa melakukan perekaman di kecamatan masing-masing.

“Apabila tahun ajaran baru sudah dimulai, kami meminta untuk melakukan perekaman di kecamatan calon pemilih pemula tersebut,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar