Politik Pemerintahan

Dispendukcapil Malang Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, bakal menggunakan tanda tangan secara elektronik, guna menuju pelayanan Prima dan Good government.

Hal itu disampaikam Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini. Menurut Rini sapaanya, pihaknya berencana menerapkan tanda tangan secara elektronik pada seluruh produk layanan yang dikeluarkannya.

“Semua pelayanan nantinya gunakan tanda tangan elektronik, mulai dari KTP, KK dan kutipan akte,” ungkapnya, Rabu (6/3/2019).

Kata Rini, saat ini pihaknya masih melakukan uji coba yang dilakukan usai jam kerja, supaya tidak mengganggu pelayanan. Untuk itu, pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan baik personil maupun piranti pendukung layanan.

“Program ini nantinya akan berlaku sama pada setiap kecamatan, dimana setiap kecamatan bisa langsung melakukan pencetakan e-KTP, KK dan kutipan akte sehingga pemohon tidak harus datang kedinas,” jelasnya.

Rini menjelaskan, jika program baru ini bisa berjalan, maka dapat mempercepat pelayanan, serta untuk keakuratan data bagi pemegang e-KTP.

“Untuk setiap daerah akan diberi Barcode berbeda oleh Kementerian kependudukan,” tegasnya.

Rini menambahkan, pihaknya juga akan melakukan koreksi terhadap berkas seluruh pemohon yang dikirim oleh kecamatan baik secara online maupun secara fisik.

“Sebab seluruh Disduk Capil sudah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Kantor Pos untuk mengirim berkas secara fisik dari kecamatan demikian sebaliknya,” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar