Politik Pemerintahan

Dispendukcapil Gresik Terapkan Tandatangan Elektronik

Foto: Ilustrasi

Gresik (beritajatim.com)- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gresik, menerapkan tandatangan elektronika pada dokumen kependudukan. Langkah ini diambil guna memangkas birokrasi yang terlalu panjang.

Tandatangan elektronik itu, untuk sementara diterapkan pada kartu keluarga (KK), dan akte kelahiran.

Kepala Disdukcapil Gresik Khusaini menuturkan, terobosan menggunakan tandatangan elektronik ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 7 tahun 2019.

“Tandatangan digital berbeda dengan tanda tangan manual. Bentuk tanda tangan berupa barcode dan kerahasiaan serta keamanannya dijamin Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” tuturnya, Jumat (4/10/2019).

Ia menambahkan, selain akta kelahiran dan kartu keluarga, teknologi penggunaan tandatangan digital ini akan berlanjut di semua dokumen kependudukan.

“Nantinya secara bertahap akta kematian dan lain sebagainya memakai tandatangan elektronik,” tambahnya.

Dengan sistem IT ini lanjut Khusaini, masyarakat lebih mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukan.

Sementara itu, salah satu warga Supardi (56) warga asal Perum GKB menyambut baik adanya sistem tandatangan elektronik ini. Dia

“Semoga kedepan lebih baik, saat mengurus akta kelahiran maupun kartu keluarga, dan tidak perlu mengantri terlalu lama,” pungkasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar