Politik Pemerintahan

Antisipasi Penumpukan Massa dan Covid-19

Dispenduk Capil Pamekasan Terapkan Sistem TTE

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Pamekasan, menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) guna mengurai sekaligus mencegah antrean dan kerumunan orang di tengah wabah virus corona.

Hal tersebut diterapkan dalam beberapa pekan terakhir menyusul adanya edaran physical distancing guna mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah Covid-19. Khususnya bagi warga yang mengurus kelengkapan administrasi kependudukan, seperti KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan lainnya.

“Dengan TTE ini, maka proses pembuatan KTP, KK dan kebutuhan administrasi kependudukan lainnya bisa lebih cepat. Sehingga tidak sampai terjadi penumpukan warga,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispenduk Capil Pamekasan, Ach Faisol, Kamis (9/4/2020).

Tidak hanya itu, pengurusan administrasi kependudukan tersebut juga dapat dilakukan di tingkat kecamatan. Sehingga massa dapat diurai di setiap kecamatan berbeda di Pamekasan. “Jadi sistemnya disetor di masing-masing kecamatan, selanjutnya pihak kecamatan yang mengantar kesini,” ungkapnya.

“Sehingga dengan penerapan sistem ini, akhirnya dapat menghindari penumpukan warga di satu tempat tertentu sekaligus dapat mengantisipasi serta mencegah penyebaran wabah virus corona,” sambung pria yang akrab disapa Pak Faisol.

Penerapan tersebut sebagai bentuk implementasi dari imbauan pemerintah pusat, provinsi hingga edaran bupati Pamekasan yang melarang adanya kegiatan penumpukan massa. Termasuk imbauan Polri guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Namun yang pasti proses pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya, tidak kalah penting instruksi maupun himbauan dari pemerintah untuk mencegah penumpukan massa juga terlaksana dengan penerapan sistem ini,” jelasnya.

Lebih lanjut ditegaskan jika pihaknya memperioritaskan kebutuhan warga yang mendesak dalam pengurusan berkas administrasi kependudukan. “Untuk sementara yang kita prioritaskan adalah warga yang berkepentingan mengurus BPJS ataupun jenis kebutuhan mendesak lainnya,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar