Politik Pemerintahan

Akibat Blangko Kosong

Dispenduk Capil Pamekasan Punya Tanggungan 4.577 E-KTP

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 4.577 Surat Keterangan alias Suket KTP Elektronik (e-KTP) menjadi tanggungjawab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Pemkab) Pamekasan, akibat kekosongan blangko.

Jumlah tersebut belum termasuk blangko non e-KTP, seperti blangko akte kelahiran maupun blangko Kartu Keluarga (KK). Hal tersebut terjadi akibat belum adanya pengiriman blangko dari pemerintah pusat, khususnya dalam beberapa bulan terakhir.

“Per hari ini, kita sudah mengeluarkan sebanyak 4.577 suket untuk e-KTP. Jumlah itu belum termasuk blangko Akte Kelahiran maupun KK,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispenduk Capil Pamekasan, Mohammad Alwi kepada beritajatim.com, Sabtu (2/11/2019).

Disinggung soal kekosongan blangko tersebut, pihaknya menyamapaikan hal itu merupakan wewenang pemerintah pusat. “KTP Elektronik blangkonya dibuat pusat, dan hingga saat ini kita masih menunggu droping. Sementara masyarakat kita berikan suket (surat keterangan),” ungkapnya.

Namun demikian, pihaknya tetap intens dan maksimal menjalankan program pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya melalui program Sabtu Pelayanan Tingkat Desa alias Sabtu Perkasa, yang digelar dengan memberikan pelayanan hingga ke desa-desa.

“Namun yang pasti, kita tetap memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat, sambil lalu menunggu droping blangko dari pemerintah pusat. Apalagi kekosongan ini sudah berlangsung relatif lama, khususnya dalam beberapa bulan terakhir,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar