Politik Pemerintahan

Disnaker Malang Mulai Siapkan Pekerja Migran Usai Pandemi Covid-19 Berakhir

Malang (beritajatim.com) – Upaya jemput bola mulai dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang apabila dalam waktu dekat, negara-negara tujuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Asia Pasifik, membuka diri setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Sosialisasi yang kita lakukan hari ini terkait kesiapan apabila nanti Covid-19 sudah dinyatakan selesai, kita sudah tahu harus seperti apa mengirimkan tenaga PMI. Tentunya, harus melalui protokol kesehatan yang sangat ketat,” ungkap Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo, Senin (27/7/2020) siang.

Yoyok memaparkan, pengiriman TKW atau PMI saat ini masih tutup. “Langkah kita hari ini sebagai antisipasi, apabila sewaktu-waktu dibuka apa yang dilakukan PJTKI terkait pengiriman pekerja ke luar negeri sudah mengerti,” tegasnya.

Masih kata Yoyok, rata-rata hasil pemeriksaan kesehatan terhadap PMI sangat ketat. “Pekerja migran itu sangat tertib karena harus melalui karantina. Dan mereka legal. Setibanya di tanah air pun mayoritas mereka ini tidak terinfeksi Covid-19. Sementara PMI yang pulang ke Indonesia rata-rata memang kontrak kerja mereka sudah habis atau cuti,” tuturnya.

Ia menambahkan, sampai Maret hingga bulan Juli 2020 ini, sudah ada 1100 orang yang kembali dari luar negeri baik melalui Bandara Juanda dan Abd.Saleh Malang. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar