Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Diskominfo Kota Kediri Kenalkan Aplikasi Simalik

Kediri (beritajatim.com) – Di era keterbukaan informasi membuat pelayanan publik termasuk pemerintah, harus transparan terhadap segala informasi. Masyarakat perlu mengetahui segala program dan kebijakan yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah. Untuk itu diperlukan sinergi dari setiap satuan kerja supaya informasi dapat tersampaikan dengan baik dan akurat.

Sinergi tersebut diwujudkan melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Publikasi Kegiatan Pemerintah Kota Kediri (SiMalik) yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana menuturkan bahwa aplikasi SiMalik akan mempermudah para Unit Kerja Pemkot Kediri dalam menginformasikan kegiatannya ke Diskominfo.

“Kurang lebih ada sekitar 81 unit kerja di lingkungan Pemkot Kediri. Masing-masing unit kerja pasti memiliki kegiatan. Kita sebagai tempat untuk mempublikasikan kegiatan ingin mempunyai wadah agar mengetahui keseluruhan kegiatan dari masing-masing unit kerja,” ungkapnya di hadapan para Kabag, Sekretaris OPD, Camat dan Lurah se-Kota Kediri ketika membuka acara sosialisasi Aplikasi SiMalik di Ruang Joyoboyo Balai Kota setempat.

Apip mengungkapkan bahwa sebelum disosialisasikan, aplikasi SiMalik telah di uji cobakan di 10 unit kerja selama 2 bulan. “Dari uji coba kemarin, ternyata adanya aplikasi SiMalik cukup efektif untuk pengelolaan publikasi yang terintegrasi serta transparasi kegiatan Pemkot Kediri ke masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Apip berharap perangkat daerah dan unit kerja di lingkup Pemkot Kediri dapat menggunakan aplikasi SiMalik sebagai tempat data dan informasi kegiatan yang perlu dipublikasikan. Sehingga meningkatkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

“Aplikasi SiMalik ini sekedar tools (sarana). Sukses tidaknya akan tergantung dari operator dan verifikator. Karena ini untuk kepentingan Pemkot Kediri, kami ingin para operator dan verifikator dapat menjalankan fungsi dan tugasnya,” harap Apip. [nm/suf]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati