Politik Pemerintahan

Dishut Jatim Buka Wisata Cangar, Pengunjung Dibatasi 25 Persen

Wisata Air Panas Cangar, Mojokerto.

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur membuka Kawasan Wisata Air Panas Cangar, Mojokerto. Namun, pengunjung dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas yang ada.

“Untuk sementara dibatasi. Jika kapasitas pengunjung sudah 25 presen, maka lokasi wisata ditutup,” kata Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo di Surabaya, Rabu (3/2/2021).

Pembatasan ini hingga 8 Februari 2021, sebagaimana batas akhir masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pemerintah. Namun, jika PPKM diperpanjang, maka pihaknya akan menyesuaikan. “Yang pasti untuk sementara tetap dibatasi 25 persen,” ujarnya.

Selain membatasi kapasitas, menurut Hadi, Pengelola Obyek Wisata yakni UPT Tahura Soerjo juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung harus mengenakan masker, kemudian menjaga jarak dengan pengunjung lain dan cuci tangan dengan sabun di sarana yang disediakan. Upaya ini tidak lain untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Sekilas tentang Tahura R. Soerjo merupakan Kawasan Konservasi yang luas, dan mencakup 6 kabupaten/kota (27.868,30 Ha). Potensi Tahura R Soerjo, habitat satwa endemik seperti burung elang jawa, Lutung Jawa, Macan Tutul, Kijang. Memiliki keanekaragaman flora yang sangat tinggi.

Terdapat beberapa jenis tanaman masuk dalan status tanaman yang hampir punah. Tahura R. Soerjo memberikan kemanfaatan jasa lingkungan kepada masyarakat berupa sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari (47 kelompok HIPAM dan 6 izin Komersil, Total pengguna air lebih dari 25.000 KK). Tahura R. Soerjo memiliki potensi pengembangan wisata alam (11 Obyek Wisata Alam). [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar