Politik Pemerintahan

Dishub Gresik Gagas Program e-Angkot

Gresik (beritajatim.com)- Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik menggagas program transpotasi berbasis online, atau e-Angkot. Langkah ini diambil sebagai antisipasi semakin menurunnya minat masyarakat terhadap tranpostasi umum (Angkutan Kota).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik, Nanang Setiawan mengatakan, rencananya tahun ini e-Angkot akan segera di-launching. Tahap awal, masih fokus di kawasan perkotaan dulu.

“Harapan kami melalui e-Angkot ini minat masyarakat terhadap transpotasi umum bisa kembali menggeliat,” katanya, Rabu (23/01/2019).

Ia menambahkan, terkait dengan ini aplikasinya sudah siap. Hanya saja, masih perlu penyempurnaan dan sosialiasi kepada sopir angkutan kota.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada sopir angkutan kota. Hasilnya, mereka menyambut positif. Namun, ada kendalanya yakni mereka para sopir belum memiliki ponsel android,” ujarnya.

Menurut Nanang, melalui aplikasi ini akan membantu para sopir angkutan umum dalam hal mencari penumpang. Pasalnya, mereka bisa memantau langsung para calon penumpang yang sedang menunggu. Begitu juga para calon penumpang dapat mengecek jumlah penumpang di dalam lyn.

“Calon penumpang juga bisa melihat rute lyn dan keberadaan lyn yang terdekat. Jadi arah aplikasi ini nanti akan berfungsi seperti perkembangan transportasi umum yang sekarang lagi tren di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Keberadaan aplikasi ini lanjut dia, untuk menata pelayanan transportasi. Utamanya dalam ketepatan waktu. Mengurangi para sopir agar tidak terlalu lama menunggu penumpang.

“Nantinya ada 6 rute se-Kabupaten Gresik. Mudah-mudahan dengan konsep ini geliat transpotasi umum kembali diminati masyarakat,” ungkapnya.[ted]

 

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar