Politik Pemerintahan

Disertai Pakta Integritas, PKS Rekom 17 Kepala Daerah di Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyelesaikan seluruh rekomendasi pencalonan menjelang dibukanya tahap pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur pada awal September mendatang.

Pada Sabtu (29/8/2020) hari ini  Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS menggelar Konsolidasi Nasional Pemenangan Pilkada 2020 dengan mengundang pasangan calon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS.

Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui telekonferensi di 34 provinsi. Untuk Jawa Timur sendiri diselenggarakan di Hotel Mercure Grand Mirama, Jalan Darmo Surabaya.

Acara berjalan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer. Sebelum masuk peserta dicek suhu tubuh terlebih dahulu

Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jatim, Irwan Setiawan menyampaikan bahwa DPP PKS telah memberikan formulir B1KWK yang telah ditandatangani presiden PKS dan Sekjen kepada DPW. “Pada kesempatan ini, kami serahkan formulir tersebut kepada para calon, agar bisa segera digunakan sebagai kelengkapan pendaftaran ke KPUD,” ujar Irwan.

Sebelum melakukan serah terima formulir B1KWK, para calon yang hadir dalam pertemuan tersebut menyimak arahan dari Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ph.D. yang disampaikan dari Kantor DPP PKS di Jakarta.

Seusai menyimak arahan, para calon kepala daerah/wakil kepala daerah diminta membaca ikrar dan menandatangani pakta integritas di atas kertas bermaterai.

Dalam pakta integritas itu disebutkan komitmen para calon kepala daerah untuk memenangkan pilkada dengan penuh kehormatan, keberkahan, dan bermartabat. Juga bersungguh-sungguh menghindari pelanggaran norma agama dan hukum serta nilai-etika yang berlaku dalam NKRI.

Selain itu disebutkan pula para calon kepala daerah ini agar bersungguh-sungguh menunaikan semua tugas dan fungsi kepala daerah/wakil kepala daerah dan menolak segala bentuk perilaku koruptif.

Di samping itu, para calon kepala daerah juga diminta berkomitmen bersama PKS menjaga kedaulatan bangsa demi terwujudnya Indonesia yang adil dan sejahtera dalam bingkai NKRI, sesuai Pancasila dan UUD’45.

“Alhamdulillah semua calon bersedia berikrar dan menandatangani pakta integritas. Memang komitmen calon kepada NKRI, penegakan hukum, pencegahan korupsi, peningkatan kesejahteraan rakyat, serta menjaga nilai dan budaya, menjadi landasan kami dalam menentukan calon yang diusung atau didukung,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan, yang tak kalah penting adalah visi misi dan program calon dalam memajukan daerahnya. “Harus jelas dan terukur programnya. Sehingga pilkada dengan anggaran yang besar dan resiko dalam masa pandemi ini, bisa tercapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Hadir dalam acara yang digelar sejak pukul 9 tersebut jajaran Dewan Pengurus Wilayah (DPW), Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), serta Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Jatim.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPW PKS Jatim Mashuri Harianto menyampaikan total 14 kabupaten/kota sudah diserahkan SK B1 KWK. 1 kabupaten sudah keluar SK DPP, 1 kabupaten masih menunggu proses di DPP. Sedangkan 3 kabupaten dimana PKS tidak memiliki kursi DPRD, 2 diantaranya sudah mengeluarkan SK dukungan, dan 1 masih dalam proses.

Mashuri juga menyatakan bahwa setelah tahapan pendaftaran ini, seluruh kader dan jajaran struktur PKS hingga tingkat ranting akan all-out memenangkan paslon.

“Kami sudah beberapa kali melakukan Rapat Koordinasi dengan DPD dalam rangka menyiapkan pelatihan penggalangan suara, pelatihan kampanye dan pelatihan saksi. Modelnya tentu kami sesuaikan dengan era pandemi. Sehingga setelah kepastian calon ini, semua kader PKS siap bergerak dan masuk menjadi tim besar pemenangan paslon,” pungkas Anggota DPRD Jember ini. (tok/ted)

Berikut Daftar Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diusung dan didukung PKS.

1. Kabupaten Sidoarjo
Ir. H. Bambang Haryo Soekartono – H. Moh. Taufiqulbar, M. Si.

2.  Kota Surabaya
Irjen Pol (P) Drs. Machfud Arifin, S.H. – Ir. Mujiaman

3.Kota Pasuruan
Drs. H. Saifullah Yusuf – Adi Wibowo, S.TP., M.Si.

4.  Kabupaten Banyuwangi
Yusuf Widyatmoko, S. Sos. – KH. Muhammad Riza Aziziy, M. IEB

5. Kabupaten Situbondo
Ir. H. Yoyok Mulyadi, M. Si. – Drs. H. Abu Bakar Abdi, Apt., M.Si.

6.Kabupaten  Jember
H. Hendy Siswanto – KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman

7.Kabupaten Blitar
Abdul Munib, S.I.P. – Niko Bagus Karuniawan, S.Pd.

8. Kabupaten Kediri
H. Hanindhito Himawan Pramana, SH – Dewi Mariya Ulfa, ST.

9.Kota Blitar
Henry Pradipta Anwar – Yasin Hermanto, SE.

10.Kabupaten Pacitan
Indrata Nur Bayuaji, S.S. – Gagarin, S. Sos.

11. Kabupaten Ponorogo
Drs. H. Ipong  Muchlissoni – Bambang Tri Wahono, SH., MM.

12.Kabupaten Ngawi
H. Ony Anwar, ST., MH. – Dwi Riyanto Jatmiko, M.H., M.Si.

13. Kabupaten Mojokerto
dr. Hj. Ikfina
Fahmawati, M. Si. – H. Muhammad Al Barra, Lc., M. Hum

14.Kabupaten Tuban
Aditya Halindra Faridzky, SE. – H. Riyadi, SH.

15.  Kabupaten Lamongan
DR. H. Yuhronur Efendi, MBA. – Drs. KH. Abdul Ro’uf, M. Ag.

16. Kabupaten  Gresik
H. Fandi Ahmad Yani, SE –
Dra. Hj. Aminatun Habibah, M. Pd.

17.  Kabupaten Sumenep
Achmad Fauzi, SH. – Hj.Dewi Khalifah, SH., MH.





Apa Reaksi Anda?

Komentar