Politik Pemerintahan

Disbudpar Bangkalan Bakal Rekrut 5 Orang Masuk Tim Ahli Cagar Budaya

Bangkalan (beritajatim.com) – Menjaga banyaknya cagar budaya di wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat berencana membentuk tim ahli cagar budaya di tahun 2021.

Kepala Disbudpar Bangkalan, Moh Hasan Faisol mengatakan, adanya tim tersebut nantinya akan menyeleksi sisa peninggalan sejarah yang layak menjadi cagar budaya atau tidak. Sekaligus, tim memiliki wewenang menilai tingkat historis sebuah cagar budaya.

“Dalam tim ini kita tidak sembarang pilih orang. Harus betul-betul orang yang ahli dan memiliki pengetahuan luas tentang cagar budaya,” ucapnya, Minggu (26/7/2020).

Tak hanya itu, ia mengaku akan mengambil 5 orang untuk mengkoordinir tim cagar budaya tersebut. Nantinya, 5 orang itu akan mengikuti seleksi bersertifikasi sehingga keahliannya bisa ternilai.

“Tentu 5 orang ini nantinya kami ajukan agar mengikuti uji bersertifikasi. Yang kita pertaruhkan cagar budaya sehingga orang-orang yang dipilih tentu itu pilihan,” ungkapnya.

Namun niat pembentukan tim harus urung diajukan tahun ini, sebab seluruh anggaran terefocusing penanganan Covid-19. Meski begitu, ia memastikan 2021 hal tersebut dapat terlaksana. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar