Politik Pemerintahan

Disaksikan Gubernur Jatim, Bupati Jombang Salurkan BLT DD

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menyerahkan BLTD DD secara simbolis di Kecamatan Peterongan, Rabu (13/5/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyerahkan BLT (bantuan langsung tunai) DD (Dana Desa) di Desa Tugu Sumberejo, Kecamatan Peterongan, kepada sejumlah warga terdampak virus corona atau Covid-19, Rabu (13/5/2020).

Penyerahan bantuan secara simbolis di Balai Desa Tugu Sumberejo tersebut juga disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui melalui video conference. Sebelum penyerahan, Bupati Mundjidah juga melaporkan secara panjang lebara kepada gubernur terkait perkembangan bantuan tersebut.

“Seluruh bantuan sudah kami salurkan. Mulai bansos yang bersumber dari APBD kabupaten, BLT Kemensos, BLT Dana Desa, bansos Provinsi. Semuanya akan tuntas paling lambat pada 20 Mei 2020. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah banyak membantu,” kata Mundjidah kepada gubernur.

Usai melaporkan secara panjang lebar tentang bansos di Kota Santri, Bupati Mundjidah kemudian meminta para penerima BLT DD untuk maju ke depan forum. Para penerima tersebut memberikan testimoni dampak Covid-19 yang membuat perekoniman mereka kedodoran. Ada ibu rumah tangga, ada penjual cilok, ada juga penyandang disabilitas.

Bupati kemudian menyerarahkan bantuan tersebut, yakni uang tunai sebesar Rp 600 ribu. Selain itu juga diserahkan satu paket sembako yang berasal dari bantuan pemprov. “Bantuane damel tumbas kebutuhan nggih (bantuannya untuk membeli kebutuhan sehari-hari ya),” pesan Mundjidah.

Wakil Bupati Jombang Sumrambah menyerahkan BLT DD secara simbolis di Balai Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan, Rabu (13/5/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]
Selain Bupati Mundjidah, acara penyaluran BLT DD itu juga dihadiri Wabup Sumrambah, Sekdakab Jombang Achmad Jazuli, serta sejumlah pejabat lainnya. Para penerima BLT DD tersebut nampak sumringah. Mereka tak henti mengucap terima kasih karena bantuan tersebut bisa meringankan beban mereka.

Seperti diketahui, penerima bansos reguler dan Covid-19 di Kabupaten Jombang mencapai 373.245 KK (kepala keluarga). Rinciannya, PKH (program keluarga harapan) 45.437 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 121.988 KK, BLT Kemensos 51.134 KK, BLT Provinsi 35.000, BLT APBD Jombang 77.686, serta BLT DD sebanyak 42.000 KK.

Selain dengan Pemkab Jombang, Gubernur Khofifah juga melakukan video conference penyaluran BLT DD di Kabupaten Trenggalek, Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Dalam arahannya, Gubernur Jatim meminta percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada terdampak Covid-19. Khofifah berharap BLT-DD tersalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar