Politik Pemerintahan

Diresmikan Gubernur Jatim, Ini Nama Jalan Ring Road Tuban

Gubernur Jawa Timur bersama Wakil Bupati Tuban saat meresmikan nama Jalan Lingkar Selatan (JLS) Tuban.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Dalam rangka serangkain kegiatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tuban, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan nama Jalur Lingkat Selatan (JLS) atau Ring Road Tuban yang diberikan tiga nama, Sabtu (20/3/2021) pagi.

Tokoh yang dijadikan nama jalan lingkar yang berada di selatan Kota Tuban tersebut pada titik pertama adalah KH Hasyim Asyhari dan kedua KH Abdul Wahab Hasbullah. Sedangkan untuk titik ke tiga jalan lingkar selatan Tuban dengan total panjang sekitar 12,4 KM itu adalah Tonny Koeswoyo yang merupakan musisi legendaris asli Tuban.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, peresmian tiga nama jalan untuk Ring Road Tuban itu diawali dengan kegiatan Gowes yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur berserta rombongan serta diikuti oleh Wakil Bupati Tuban. Rute gowes dimulai dari ujung timur jalan ring road tersebut yakni mulai dari Desa Tunah sampai dengan Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Tuban yang merupakan titik peresmian nama jalan itu.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein memaparkan bahwa untuk proses tahapan pembuatan Ring Road itu sejak tahun 2015 Pemkab memulai pembebasan lahan jalan lingkar dengan panjang hampir 13 Km dan lebar 32 meter. Total luasanya 37.769 M² dan menghabiskan dana sekitar Rp153 miliar.

Pada Tahun 2019 lalu Pemkab Tuban sudah memulai pembangunan fisiknya tahap satu sepanjang 5,7 Km menghabiskan dana Rp 70 miliar. Tahap dua dilanjutkan sampai tembus Desa Bogorejo dengan panjang sekitar 6,8 Km menghabiskan Rp 72 miliar.

“Dari APBD Tuban jalan lingkar menyerap Rp 300 miliar mulai pembebasan lahan hingga pekerjaan fisik satu sisi. Sebenarnya dulu janjiannya dengan Kementrian PUPR, Tuban kebagian pembebasan lahan tapi akhirnya fisik juga memakai APBD,” terang Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban saat memberikan sambutan saat pembukaan pemberian nama jalan itu.

Pada tahun 2021 ini pembangunan jalan Ring Road itu kembali akan dikerjakan, yang mana Kementrian PUPR telah menganggarkan jalan lingkar dari pertigaan Tunah sebesar Rp 80 miliar dan sudah ditenderkan. Harapannya di tahun 2022 bisa tembus sampai Bogorejo supaya segera bisa dioperasikan.

“Sepekan yang lalu Jalan Lingkar Tuban telah dipresentasikan oleh tim PUPR dan akan segera dituntaskan,” jelas Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur saat meresmikan nama jalan lingkar Tuban itu.

Sementara itu, Gubernur Khofifah menyatakan bersyukur proses mengkonektifitaskan satu titik ke titik lainnya tuntas dan bisa memberikan nilai tambah. Baik dari sisi memudahkan untuk melakukan transportasi pedagang yang ada disini, peningkatkan ekonomi yang bisa ditumbuhkembangkan, dan mobilitas pendidikan serta sosial lainnya.

“Dengan peresmian ini kedepannya bisa berjalan seiring dengan maksimalisasi pelayanan publik, meningkatkan pertumbuhan ekonomi seiring dengan pembangunan investasi yang nilainya sangat besar. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat yang besar,” pungkasnya. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar