Politik Pemerintahan

Direksi PUDAM Banyuwangi Ganti Nahkoda

Bupati Anas Lantik Direksi PUDAM Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik tiga direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Banyuwangi periode jabatan 2018-2022. Tiga direksi baru tersebut adalah Widodo Waluyo sebagai Direktur Utama, Abd. Rahman sebagai Direktur Bidang Umum, Keuangan dan Pelayanan Konsumen, serta Waris Paksono sebagai Direktur Bidang Teknik.

Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Rempeg Jogopati itu, disaksikan seluruh pejabat di jajaran PUDAM dan SKPD Pemkab Banyuwangi. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas memberikan pesan khusus kepada tiga punggawa baru PUDAM Banyuwangi. Dia meminta agar PUDAM Banyuwangi dapat meningkatkan kinerja.

“Di bawah kepemimpinan yang baru, PUDAM Banyuwangi harus bisa bekerja lebih profesional. Pertahankan prestasi yang ada saat ini. Dan teruslah bekerja keras untuk meraih pencapaian yang lebih progressive di masa mendatang. Tingkatkan terus prestasi kinerjanya,” kata Anas, Selasa (8/1/2019).

Sekedar diketahui, PUDAM Banyuwangi pada tahun 2018 ini telah meraih prestasi jawara nomer II kinerja PDAM se-Jawa Timur. PUDAM juga diminta semakin kreatif menciptakan inovasi dan langkah-langkah percepatan untuk peningkatan kualitas pelayanannya. Namun, dengan tetap memaksimalkan tenaga kerja yang ada sehingga lebih efisien.

“Caranya, inovasi baru itu harus dilakukan dengan pendekatan teknologi. Jadi, pekerjaan yang bisa dikerjakan atau dipantau menggunakan teknologi, bisa dilakukan tanpa harus merekrut tenaga kerja baru. Misalnya, membuat aplikasi pemantauan debit air secara online. Sehingga, kita bisa melakukan efisiensi pekerja, minimal cukup mempertahankan yang ada,” ujar Anas.

Selain itu, Anas juga meminta agar PUDAM dapat memperluas wilayah cakupannya. “Maka saya minta agar para direksi yang baru ini terus belajar dan memperluas sinergi dengan berbagai pihak. Sekarang banyak hotel, tempat wisata, dan perumahan baru yang bisa diajak berkolaborasi untuk meningkatkan pendapatan. Yang tentu akan berdampak pada peningkatan PAD daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PUDAM Banyuwangi Widodo Waluyo menyatakan siap melaksanakan amanah barunya. Dalam program seratus hari pertamanya, Widodo akan segera menyusun rencana bisnis untuk empat tahun ke depan. “Kami juga akan meningkatkan kinerja internal dengan melakukan pemantapan peraturan yang ada di perusahaan,” tegasnya.

Dalam empat tahun ke depan, Widodo juga telah menargetkan bisa memperluas cakupannya menjadi dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Saat ini pelanggan kami sekitar 55 ribu orang atau baru 20 persen dari total potensi pengguna jasa PUDAM. Karena, sebagian masyarakat masih banyak yang memenuhi kebutuhan air bersihnya dari sumur dan HIPPA. Namun, empat tahun ke depan kami targetkan bisa mencapai 110 ribu pelanggan atau menjadi 40 persen,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah memperluas kolaborasi dengan sejumlah pihak. Di antaranya, pengusaha real estate dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi). “Memang, semakin banyaknya perumahan baru menjadi salah satu potensi pengembangan cakupan kami,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar