Politik Pemerintahan

Dipenjara, Kades Druju Malang Menang Pilkades Serentak

Malang (beritajatim.com) – Ada yang unik dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malang, Minggu (30/6/2019) kemarin. Seorang calon kades di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Mujiono, terpilih sebagai Kades Druju Periode 2019-2025. Padahal, posisi Mujiono saat ini mendekam di Lembaga Permasyarakatan (LP) Lowokwaru, Kota Malang, atas kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Dalam Pilkades serentak 2019 ini, Mujono ditetapkan dalam nomor urut 2. Lawan Mujiono adalah Didik Setiawan, cakades nomor urut 1 yang ternyata, masih kakak ipar dari Mujiono selaku calon petahana.

Warga pun berpendapat, Pilkades yang baru saja digelar, seperti memilih ‘foto’ atau ‘kopyah’ saja. Pasalnya, lawan Didik yakni Mujiono, tak ada di tempat lantaran meringkuk dalam jeruji besi. “Pak Didik ini kakak ipar dari Pak Mujiono. Dalam Pilkades tahun 2013 lalu, keduanya juga jadi lawan politik di Pilkades,” ucap warga setempat.

Dalam Pilkades kemarin, Mujiono memperoleh 3964 suara. Sementara lawanya Didik, meraup 3051 suara. Dengan demikian, Mujiono unggul telak sebanyak 913 suara.

Menurut Darmaji (45), warga Druju Krajan, Senin (1/7/2019) menjelaskan, meski di penjara, Pak Mujiono sebenarnya masih dicintai rakyat. Ia berharap desa Druju ke depan lebih maju. “Pak Mujiono masih dicintai warganya. Itu alasan kami memilih dia,” terangnya.

Warga Druju juga merasa iba ketika menyaksikan ratusan simpatisan pendukung Mujiono, berjalan iring-iringan menuju arena pencoblosan di lapangan olahraga desa setempat sambil membawa foto berukuran besar Mujiono. “Saya tidak tega mas melihatnya, istri dan anak Pak Mujiono membawa foto beliau. Banyak orang yang menangis sebelum melakukan pencoblosan kemarin,” urainya.

Sementara itu, Camat Sumbermanjing Wetan, Agus Harianto memaparkan, Pilkades serentak diwilayahnya relatif aman dan tertib. “Ada 7 desa diwilayah kami yang menggelar Pilkades. Yakni Desa Ringinsari, Druju, Harjokuncaran, Sekarbanyu, Argorirto, Tambak Asri dan Desa Sidoasri. Alhamdulilah berjalan sukses, lancar, aman dan terkendali. Semua tahapan sudah dilalui melalui aturan tanpa menyisakan suatu permasalahan sekecil apapun,” kata Agus.

Terpisah, Iptu Sutiyo selaku Kanit Tipikor Satreskrim Polres Malang yang menangani kasus dugaan korupsi Mujiono beberapa waktu lalu menambahkan, jika terpilih sebagai Kades, jabatan Mujiono sebagai Kades Druju nantinya akan diisi oleh Pejabat (Pj) Kades yang ditunjuk dari Pemkab Malang. “Karena Pak Mujiono tersangkut masalah pidana, otomatis kalau dia terpilih, nantinya akan ditunjuk Pj Kades sebagai gantinya,” papar Sutiyo. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar