Politik Pemerintahan

Dinsos Kota Kediri Salurkan 97 Paket Bansos Bagi Warga Isoman

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial Kota Kediri terus berupaya memberikan bantuan bagi warga Kota Kediri yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Ini sebagai upaya Pemkot Kediri untuk mendukung dan meringankan beban warga isoman.

Hari ini, Kamis (22/7/2021) sebanyak 97 paket sembako dan masker disalurkan di 16 kelurahan dan 1 OPD Pemkot Kediri. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triyono Kutut Purwanto.

Kutut menjelaskan bahwa paket-paket tersebut dibagikan sebagai berikut, Kelurahan Bandar Lor (4 paket), Bujel (4 paket), Campurejo (2 paket), Ngampel (2 paket), Pojok (6 paket), Sukorame (14 paket), Banjaran (7 paket), Dandangan (10 paket), Jagalan (7 paket), Kemasan (2 paket), Ngadirejo (3 paket), Pakelan (6 paket), Banaran (9 paket), Blabak (2 paket), Pesantren (2 paket), Singonegaran (16 paket), serta Dinas Kominfo (1 paket).

Lebih lanjut Kutut menjelaskan bahwa pada pendistribusian paket sembako, Dinas Sosial bersinergi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yang bertugas ikut mendistribusikan hari ini adalah Setwan, Bagian Pemerintahan, Kesbangpol, Bagian Perekonomian, Bagian Pembangunan dan BKPPD Kota Kediri.

Dikesempatan yang sama, Kutut menuturkan bahwa selain membagikan bantuan sosial bagi masyarakat Kota Kediri, Pemkot juga memberikan paket sembako dan masker bagi Satpol PP Kota Kediri. “Ada 15 paket yang dibagikan untuk Satpoll PP yang terkonfirmasi positif dan sedang melakukan isolasi mandiri,”ujarnya.

Kutut juga menjelaskan bahwa isi dari paket sembako ini besarannya Rp. 500.000 yang dirupakan kebutuhan pokok dan masker. “Paket sembako plus berisi 20 kilogram beras, 3 kilogram telur (5 pax), 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden dan 2 botol kecap serta 2 kotak masker”,tuturnya.

Menyikapi pertanyaan masyarakat yang menanyakan jika tidak melakukan isolasi mandiri dirumah, melainkan di rumah sakit apakah tetap bisa dapat, Kutut memberikan konfirmasi. “Walaupun dirawat di rumah sakit, keluarga yang di rumah juga perlu isolasi mandiri, jadi tetap akan kami berikan bantuan paket sembako” ungkapnya.

Kutut menambahkan bahwa selain menyalurkan bantuan, Dinas Sosial juga tak lupa diberikan edukasi kepada masyarakat, terutama bagi yang sedang melakukan isolasi mandiri. “Pemkot Kediri sudah memenuhi kebutuhan makanan selama isolasi, jadi kami berharap bagi warga yang melakukan isoman tetap dirumah saja, tidak perlu kemana-mana”, tuturnya.

Menurutnya, hal ini penting untuk dilakukan, guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kediri. “Meski sudah ada vaksin, tapi protokol kesehatan, wajib untuk tetap dilakukan”, pungkasnya.

Sementara itu, salah satu penerima bansos, yaitu keluarga Almarhum Budiono mengaku bantuan yang ia terima sangat berguna bagi ia dan keluarganya. “Alhamdulillah kami sudah dibantu. Terimakasih Mas Abu, semoga Pemkot Kediri selalu peduli dengan warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan semakin banyak juga yang terbantu,”ujarnya. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar