Politik Pemerintahan

Dinsos Kabupaten Kediri Home Visit Penyaluran BST Ke Rumah Disabilitas

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan sosial tunai atau BST kepada para penyandang disabilitas yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam penyerahan bantuan uang tunai Rp 600 ribu kali ini, dilakukan melalui home visit atau berkunjung langsung ke rumah penerima, karena mengalami kecacatan berat.

Dinsos bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan perangkat desa mendatangi rumah-rumah penyandang Disabilitas yang menerima BST. Petugas menyerahkan bantuan uang tunai 600 ribu rupiah untuk pereode pertama kepada kelompok terdampak sosial pandemi Covid-19 tersebut.

Dalam penyaluran bantuan ini, melibatkan petugas dari PT POS. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Suharsono berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup selama masa pandemi corona. Sehingga tidak dipakai untuk keperluan lain yang tidak bermanfaat.

“Bantuan ini untuk keperluan selama tiga bulan di masa pandemi Covid-19. Semoga bisa bermanfaat,” Suharsono, PLT Kepala Dinsos Kabupaten Kediri.

Home visit penyaluran bantuan ini dilakukan petugas, karena penerima mengalami kecatatan berat, Sehingga tidak memungkinkan mengambil bantuan di Kantor Pos. Mayoritas penerima dari disabilitas lanjut usia dan sebagia orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bantuan BST akan diberikan selama tiga bulan April, Mei dan Juni.

data dinsos kabupaten kediri menyebutkan, BST khusus bagi penyandang difabel ini merupakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial, dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19. Untuk wilayah Kabupaten Kediri sendiri, mendapatkan jatah kuota sebesar 1.896 orang. Penerima BST disabilitas tidak terdaftar pada bantuan sosial reguler, seperti, PKH, BPNT dan BLT. [adv Kominfo/nm].





Apa Reaksi Anda?

Komentar