Politik Pemerintahan

Dinilai Rawan Konflik, Baliho Selamat Prabowo Presiden Dicopot

Tuban (beritajatim.com) – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama dengan Kesbangpol Linmas Kabupaten Tuban menertibkan sebuah baliho besar yang dipasang di pinggir jalan Kelurahan Perbon, Kecamatan Kota, Selasa (14/5/2019).

Baliho besar Gerakan Nasional Cinta Prabowo (GNCP) Cabang Tuban itu bergambarkan Capres-Cawapres nomor 02 Prabowo-Sandi bertuliskan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, pada bagian bawah juga terdapat tulisan siap mengawal Prabowo-Sandi untuk menjadi Presiden-Wakil Presiden 2019-2024.

Informasi yang dihimpun, baliho besar GNCP tersebut dipasang sejak Selasa dini hari. Berdasarkan keterangan warga bawa baliho bergambarkan Prabowo-Sandi itu dipasang beberapa orang sekitar pukul 01.00 WIB. “Ada beberapa orang yang memasang,” ungkap salah satu warga sekitar.

Mendapatkan laporan adanya pemasangan baliho yang dinilai bisa menimbulkan konflik di kalangan masyarakat, Kesbangpol Linmas Pemkab Tuban langsung turun lapangan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka petugas langsung mencopot baliho tersebut.

“Spanduk atau banner seperti ini bukanlah APK. Keberadaan untuk memasang banner seperti ini kan harus ada izin juga. Kalau tulisannya menyulut konflik horisontal di masyarakat, berarti kan harus ditertibkan,” terang Didik Purwanto, Kepala Kesbangpol Linmas Kabupaten Tuban.

Menurutnya, sejauh ini penertiban baliho bergambarkan Prabowo-Sandi yang dinilai rawan menimbulkan konflik sudah dua kali dilakukan. Yang pertama, pekan lalu adalah baliho yang bertuliskan selamat atas terpilihnya Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

“Baru dua yang kita tertibkan, dan belum ada informasi lainnya. Mereka memasangnya pasti agak sembunyi-sembunyi seperti ini, pasti menjorok ke dalam dari jalan sekitar lima meter,” tambahnya.

Sementara itu, petugas sendiri akan mendatangi siapa yang memasang baliho besar tersebut guna diinterogasi apa tujuan memasang baliho seperti itu. Baliho besar itu selanjutnya diamankan dan dibawa ke kantor Satpol PP Tuban.[mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar