Politik Pemerintahan

Dinding Pelapis Tembok Kantor Pemkab Bojonegoro Rawan Ambrol

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro membersihkan beberapa pelapis tembok, Selasa (2/2/2021)

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro sedang membersihkan beberapa pelapis tembok gedung Pemkab Bojonegoro setinggi tujuh lantai.

Proses pembersihan menggunakan mobil turntable ladder fire engine yang memiliki tangga setinggi 60 meter. Kondisi pelapis tembok Pemkab Bojonegoro yang dibersihkan itu membahayakan dan rawan ambrol.

“Kita ambil pelapis tembok yang sudah lepas dari pengait sehingga tidak membahayakan. Disamping itu, jika masih dirasa kuat kita paku kembali,” ujar Kepala Damkar Bojonegoro Ahmad Gunawan, Selasa (2/2/2021).

Untuk diketahui, beberapa lembar pelapis tembok komplek perkantoran di lingkungan Pemkab Bojonegoro yang terbuat dari aluminium composite panel itu mulai mengelupas sejak akhir 2019. Kali pertama pelapis tembok itu mengelupas setelah disapu angin kencang disertai hujan.

Sebelumnya Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya telah menganggarkan sebesar Rp7 miliar pada Perubahan APBD 2020 untuk perbaikan pelapis dinding yang rusak itu. Namun, perbaikan batal dikerjakan karena anggarannya digunakan untuk alokasi lain.

“Perbaikannya dilakukan tahun depan (2021) secara menyeluruh,” ujar Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Beni Kurniawan dalam kesempatannya, Oktober 2020.

Sementara pembersihan pelapis tembok gedung Pemkab Bojonegoro yang berpotensi rontok itu dilakukan hari ini dan akan dilanjutkan besok. Beberapa keping pelapis tembok masih ada yang terlepas dari pengaitnya. Hal itu bisa membahayakan jika terjadi angin kencang karena rawan rontok. [lus/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar