Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dinas PU SDA Bojonegoro Sebut Banjir Kota Bukan Karena Tumpukan Sampah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Bojonegoro Erick Firdaus mengatakan, genangan air yang membanjiri wilayah kota setiap hujan lebat bukan disebabkan oleh banyaknya tumpukan sampah yang ada di kali avour Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro.

Menurutnya, semua kali avour yang berada dibawah tanggung jawab PU SDA Bojonegoro dapat dipastikan lancar semua. “Tidak ada tumpukan sampah, kalaupun ada daun kering bisa ikut mengalir,” ucapnya, Minggu (15/5/2022).

Kalaupun terdapat sampah, lanjut Erick, itu juga cuma beberapa, tidak sampai terjadi penumpukan. PU SDA juga mempersilahkan semua pihak untuk melihat sendiri kondisi avour yang dituding terdapat tumpukan sampah dan menyebabkan banjir di jantung kota beberapa waktu lalu.

“Kemarin waktu terjadi banjir di kota, sayak cek ketiga-tiganya (avour) tidak ada sampah sama sekali kok. Memang karena wilayah kota kondisinya lebih rendah. Sehingga harus ada bantuan untuk menyedot air,” lanjut Erick.

Maksimal dalam tiga hari sekali, petugas dari Dinas PU SDA juga melakukan pembersihan sampah pada kali avour. “Kalau yang difoto ini (pemberitaan) pas kejadian malam banjir karena sampah baru turun dari atas, bukan sudah lama menumpuk di lokasi,” imbuhnya.

Salah satu petugas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Ledok Wetan, yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, memang benar jika tidak ada tumpukan sampah pada pintu air yang berada tepat di depan TPA Ledok Wetan. “Tidak ada tumpukan sampah,” ungkapnya. [lus/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar