Politik Pemerintahan

Dinas Perikanan Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Murah Ikan Bandeng

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Perikanan menggelar pasar murah ikan bandeng menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kantor Dinas Perikanan Sidoarjo, Kamis (7/11/2019).

Sebanyak 5,4 ton ikan bandeng asli Sidoarjo disediakan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah di dampingi Plt. Dinas Perikanan Sidoarjo Bachruni Arywan melayani pembelian bandeng murah,

Sebanyak 2700 Kupon bersubsidi terdistribusi kepada masyarakat warga Sidoarjo, Masyarakat yang sudah memegang kupon pembelian bandeng murah mengantri berjam-jam.

Penjualan bandeng murah ini sudah tradisi setiap tahun pada saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Puncaknya peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, diadakan lelang bandeng kawak.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Bachruni menjelaskan, setiap warga yang akan membeli bandeng murah hanya bisa dilayani dengan syarat membawa KTP warga Sidoarjo.

Dibatasi per orang atau per KTP hanya 2 kilogram, satu kupon untuk 2 kilogram bandeng segar itu bisa dibeli dengan harga Rp 28 ribu sementara harga bandeng dipasaran mencapai Rp 28 ribu per kilogram.

Tahun ini ¬†disediakan 5,4 ton yang berasal dari Petani Tambak Kalanganyar Sedati. “Memang kita batasi pembelian kupon setiap warga hanya maksimal 2 kupon saja. Biar sama-sama kebagian yang lain,” kata Bachruni.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik kegiatan pasar bandeng murah ini,  kegiatan ini rutin digelar dalam rangka peirngatan maulid Nabi Muhammad SAW. Terlihat seperti tahun sebelumnya,  antusias masyarakat terlihat cukup besar, dalam mendapatkan bandeng murah.

Selain dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, karena budaya masyarakat yang menyediakan menu berbahan bandeng. Pasar Bandeng Murah ini, bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan harga subsidi 50 persen dari harga pasar.

“Selain itu, untuk promosi agar masyarakat gemar makan ikan. Jika tidak dibatasi, pembeli akan membludak,” papar Abah Ipul. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar