Politik Pemerintahan

Fasilitasi UMKM Produk Olahan Ikan

Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Gelar Griyam Ulam-Q

Kediri (beritajatim.com) – Agar kegiatan promosi produk produk perikanan dari para umkm tetap berjalan, berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Salah satunya dengan pemasaran menggunakan media online.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan membuat Griya Ulam-Q. Fungsinya sebagai etalase online yang menjual berbagai produk produk olahan ikan segar yang telah dikemas secara higienis dari para pelalu UMKM binaan. Selain itu di griya Ulam-Q setiap harinya disediakan produk perikanan yang fresh sesuai selera.

Yang menarik dari penjualan etalase Griya Ulam-Q harganya lebih rendah dari harga dipasaran karena langsung didatangkan dari produsen ikan segar. Berbagai produk olahan ikan yang tersedia sejumlah sekitar 40 varian, antara lain donat ikan, ikan patin segar, ikan gurami segar, ikan laut segar, ikan lele, aneka macam sambal dari olahan ikan, aneka kerupuk ikan, abon lele, ikan asap laut, aneka presto, siomay ikan.

Di Griya Ulam-Q terdapat dua metode pembelian offline dan online . Jika offline maka pembeli dapat langsung datang ke Kantor Dinas Perikanan Jalan Pamenang Ngasem Kediri. Kemudian jika sistem online pembeli dapat order melalui media sosial instagram @kedirimakanikan. di akun tersebut telah tersedia berbagai katalog produk olahan ikan . sedangkan untuk yang mengantar barang menggunakan jasa kurir ataupun ojek online langsung kerumah pembeli.

“Cara ini dilakukan untuk mengakomodir kurang lebih sebelas kelompok pengolahan dan pemasaran ikan atau poklasar yang tergabung dibawah naungan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri,” nur Hafidz, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri.

Omset yang didapatkan dari penjualan ikan,  per bulan Juli hingga awal Agustus mencapai hingga kisaran Rp 7 juta. Untuk jam buka Griya Ulam-Q hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sedangkan Hari Jumat pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar