Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gandeng Media dan Blogger

Kota Yogyakarta Promosikan Pariwisata di Tengah Pandemi

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogjakarta, Wahyu Hendratmoko (baju putih) bersama Wali Kota Haryadi Suyuti (tengah).

Yogyakarta (beritajatim.com) – Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) menjadi puncak rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-265 Kota Yogyakarta. Dinas Pariwisata Kota Jogyakarta menggandeng sejumlah media dan Media dan Blogger untuk mempromosikan pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, pihaknya mengadakan Famtrip (familiarization trip) untuk media dan blogger. “Undangan Famtrip dari Lampung, Palembang, Bali, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, Bandung dan kota-kota lain yang bertugas atas nama berbagai media,” ungkapnya saat Welcome Dinner, Rabu (6/10/2021).

Kegiatan Famtrip tersebut diharapkan dapat menjadi momentum bertumbuhnya kembali industri pariwisata di Kota Yogyakarta setelah hampir dua tahun menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Menurutnya, pandemi telah mengubah semua sendi-sendi kehidupan manusia.

“Kita tidak bisa berharap kembali lagi pada pola-pola kehidupan seperti pada masa sebelum pandemi. Begitu juga di bidang kepariwisataan termasuk pada aspek promosi pariwisata, diperlukan inovasi-inovasi baru untuk menysuaikan dengan dinamika masyarakat. Penggunaan media terbaharukan menjadi moda yang paling pupoler saat ini,” katanya.


Namun, lanjut Wahyu, hal tersebut tidak cukup. Dibutuhkan dukungan media konvensional untuk memaksimalkan jangkauan promosi. Dalam hal promosi pariwisata, tentu saja pemerintah tidak bisa berdiri sendiri namun membutuhkan kolaborasi dengan semua media.

“Kehadiran teman-teman media ke Kota Yogyakarta, kami harapkan dapat menjadi kepanjangan tangan kami untuk mempromosikan pariwisata Kota Yogyakarta. Harapannya, meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Yogyakarta. Beberapa saat yang lalu telah, telah diluncurkan sejumlah program,” ujarnya.

Yakni Monalisa (sport tourism) dan Kamelia (aplikasi untuk kampung wisata). Dengan menggandeng media dan blogger, diharapkan kekayaan wisata Kota Yogyakarta dapat disebarluaskan di media masing-masing. Turut hadir dalam acara itu, Wali Kota Yogjakarta, Haryadi Suyuti.

Hadir juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Yogyakarta, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Kota Yogyakarta dan Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) Kota Yogyakarta. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar