Politik Pemerintahan

Dinas LH Jember Langsung Ambil Alih Pembersihan Sampah yang Mangkrak

Jember (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Jawa Timur, langsung mengambil alih pembersihan sampah yang mangkrak di kawasan perkotaan, Sabtu (21/11/2020). Kepala Dinas LH Arismaya Parahita Menyatakan kesiapan membantu Pelaksana Tugas Bupati Jember Abdul Muqiet Arief.

“Ini soal tanggung jawab. Pagi hari ini kami memang mendapat laporan dari teman-teman di lapangan bahwa ada sampah yang tidak terangkut. Teman-teman dari Dinas Lingkungan Hidup sudah kami kerahkan untuk membersihkan. Alhamdulillah sudah dibersihkan,” kata Arismaya.

Menurut Arismaya, masalah penanganan sampah seharusnya menjadi tanggung jawab bagian pertamanan yang berada di bawah pengelolaan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jember. Namun karena Pelaksana Tugas Kepala Dinas Cipta Karya Jember Yessiana Arifa mengembalikan kewenangan itu kepada Muqiet, maka Arismaya akan mengambil tindakan taktis agar pelayanan publik tak terganggu.

“Sementara ini Dinas LH mengambil alih tugas ini dengan mengerahkan pasukan yang ada. Seterusnya kami sedang menulis surat penarikan tenaga pertamanan yang sekarang ada di Cipta Karya. Jumlahnya 50 personel dengan sarananya,” kata Arismaya.

Surat permohonan penarikan tenaga pertamanan itu dilayangkan ke Muqiet. “Semoga minggu depan sudah bergabung lagi di Dinas LH,” kata Arismaya.

Yessiana sendiri kepada beritajatim.com mengatakan, sesuai KSOTK (Kedudukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja) 2016, tanggung jawab ruang terbuka hijau ada pada Dinas Lingkungan Hidup bukan Dinas Cipta Karya.

Yessiana adalah salah satu pejabat yang dikembalikan ke jabatan sebelum 3 Januari 2018, sesuai rekomendasi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Sebelumnya, ia menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember, dan dikembalikan ke posisi Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember.

Namun, Yessiana juga diberikan tambahan tugas. Pelaksana Tugas Bupati Muqiet mengangkatnya menjadi pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember.

“Hal seperti ini sudah kami duga akan terjadi sebagai dampak dari pengembalian jabatan. Pasti akan ada penafsiran berbeda di internal pemerintah daerah. Tapi harusnya soal layanan publik harus diutamakan,” kata Arismaya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar