Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bangun Sinkronisasi Informasi dan Publikasi Antar OPD

Dinas Kominfo Kota Kediri Adakan Evaluasi Aplikasi SiMalik

Kediri (beritajatim.com) – Publikasi menjadi sangat penting dalam upaya penyebaran informasi serta media branding kinerja pemerintah kepada masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan evaluasi aplikasi si-Malik di Ruang Joyoboyo, Senin (28/3/2022).

Si-Malik akronim dari Sistem Informasi Manajemen Publikasi Kegiatan Pemkot Kediri, merupakan aplikasi yang digagas oleh Dinas Kominfo. Aplikasi ini dibuat untuk membantu menginventaris agenda kegiatan OPD serta pengelolaan publikasi kegiatan yang dilakukan OPD atau unit kerja secara terintegrasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Apip Permana ketika membuka kegiatan mengatakan, dengan adanya informasi kegiatan yang diinput di aplikasi Si-Malik, Dinas Kominfo akan membantu mempublikasikan dengan membuat rilis berita maupun konten yang akan dipublish ke media-media lokal bahkan media nasional.

Dilanjutkannya, Dinas kominfo juga akan membantu mempublikasikan melalui media-media pemerintah, baik media sosial maupun laman resmi Pemerintah Kota Kediri. “Berdasarkan aturan Peraturan Walikota Kediri Nomor 72 Tahun 2021, Dinas Kominfo Kota Kediri membangun sistem informasi manajemen publikasi kegiatan Pemerintah Kota Kediri (Si-Malik). Dan tahun kemarin aplikasi Si-Malik sudah dilaunching dan disosialisasikan kepada seluruh operator dan verifikator OPD maupun unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Kediri,” ujar Apip.

Dilanjutkannya, Saat ini Dinas Kominfo sedang menyiapkan SK Walikota Kediri tentang penetapan Person In Charge (PIC) aplikasi Si-Malik. Tentunya dengan adanya SK tersebut diharapkan ke depan kinerja operator dan verifikator aplikasi Si-Malik lebih optimal lagi.

Apip juga berharap, melalui publikasi masyarakat bisa mengetahui kinerja, kebijakan serta program-program pemerintah, sehingga diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat terhadap kinerja pemerintah menjadi positif.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada seluruh operator aplikasi Si-Malik agar lebih aktif lagi untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan OPD atau unit kerja melalui aplikasi Si-Malik. Sehingga seluruh kegiatan OPD/Unit Kerja dapat terinput pada aplikasi Si-Malik dan dipublikasikan kemedia oleh Dinas Kominfo sehingga dapat diketahui masyarakat luas bahkan kepala daerah,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) yang diikuti melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan diikuti perwakilan dari seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar