Politik Pemerintahan

Dilantik Jadi Anggota DPR, Puti Soekarno Fokus Pengawasan Pendidikan

Puti Guntur Soekarno Anggota DPR Dapil Jatim 1

Jakarta (beritajatim.com) – Puti Guntur Soekarno kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemiliham Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo). Dia pun berjanji akan fokus pada pengawasan layanan dasar masyarakat.

“Berkaitan dengan fungsi pengawasan, saya akan fokus bekerja untuk memastikan sektor pelayanan dasar masyarakat khususnya kebutuhan dasar yaitu pendidikan,” kata Puti disela-sela pelantikan anggota DPR/DPD/MPR di kompleks parlemen, Selasa (1/10/2019).

Menurutnya, dengan program pendidikan harapannya bisa menyentuh langsung masyarakat untuk memenuhi hak dasar anak-anaknya dibidang pendidikan. Ada banyak program pemerintah yang bisa dibawa dan menyentuh langsung masyarakat.

Selain itu, proses pembudayaan Pancasila sebagai arus utama kebijakan kehidupan masyarakat harus menjadi pijakan dalam pemerintah.

“Saya harus menjamin itu terumuskan dengan baik dalam perencanaan dan implementasinya,” katanya.

Dia mengaku juga harus memastikan pemerintah fokus memujudkan program presiden. Hal ini penting dalam rangka menjamin komitmen dan konsistensi arah pembangunan nasional. Permasalahan hari ini jangan sampai ada persoalan kebijakann yang tidak linear sebagaimana amanat UU.

Terkait Legislasi, tentu produk hukum harus dinilai secara kualitas, bukan kuantitas.

“Selain itu saya akan memperjuangkan agar produk hukum mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Maka partisipasi publik harus dibuka seluas luasnya,” kata Puti.

Dia menambahkan, hal ini akan dilakukan selain penugasan parpol di dapil Jatim I, yang membuat dirinya all out turun dan menyapa warga adalah Surabaya tempat kelahiran sang kakek, Bung Karno. “Di Surabaya sebagai bumi kelahiran Bung Karno, warganya begitu egaliter. Raihan suara terbanyak juga dibantu struktur PDI Perjuangan di Surabaya,” katanya. (hen/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar