Politik Pemerintahan

Dilantik, DPRD Mojokerto Segera Lakukan 3 Langkah Cepat

Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Mojokerto periode 2019-2024 dilantik Ketua PN Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 50 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto masa jabatan 2019-2024 dilantik Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat, Muslim, di ruang Graha Wichesa Gedung DPRD Kabupaten Mojokerto, Sabtu (24/8/2019).

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Nomor 171/15804/011.2/2019 tanggal 31 Juli 2019, yang dibacakan Sekretaris DPRD Kabupaten Mojokerto, Mardiasih. Kader terbanyak berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejumlah 10 orang.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sembilan orang, Partai Golongan Karya (Golkar) enam orang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lima orang, Partai Demokrat lima orang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) empat orang.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tiga orang, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tiga orang, Partai Amanat Nasional (PAN) dua orang, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dua orang dan Partai Bulan Bintang (PBB) satu orang.

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto masa jabatan 2014-2019, Ismail Pribadi mengatakan, anggota yang dilantik akan mengemban tugas mengabdi pada masyarakat selama lima tahun ke depan. “Tentunya kami juga meminta dukungan masyarakat agar dapat menjalankan tugas dengan baik,” ungkapnya.

Ayni Zuroh selaku Pimpinan Sementara DPRD dalam sambutanya mengatakan, Pemkab Mojokerto dibangun atas kekompakan eksekutif dan legislatif serta segera bergegas untuk melaksanakan tanggungjawab. “Semua kekuatan politik yang ada di parlemen untuk menempatkan kesejahteraan Kabupaten Mojokerto sebagai acuan utama kinerja,” katanya.

Ayni menegaskan, tiga langkah cepat yang akan segera dijalankan. Pertama, segera berkirim surat pada pimpinan parpol yang secara konstitusi berhak menduduki kursi pimpinan DPRD. Dua, perwakilan partai yang duduk di legislatif untuk segera membahas pansus pembahas tatib (kalau memang belum diputuskan lintas partai).

“Tiga, bersamaan dengan pembahasan tatib, akan segera diproses pengajuan SK ke Gubernur Jawa Timur terkait komposisi pimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto. Untuk itu, saya harap dalam kurun waktu dua minggu, tatib DPRD beserta seluruh agenda yang diperintahkan tatib sudah kita selesaikan. SK Gubernur juga sudah turun dan pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto definitif segera dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi pada kesempatan ini membacakan amanat Gubernur Jawa Timur, tentang arti pengabdian dan loyalitas pada sebuah tanggungjawab. Wabup menilai, anggota DPRD selama lima tahun jabatan telah melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

“Gerakkan segera program pembangunan daerah. Harus segera bergegas, agar lahir inovasi-inovasi baru dan bekerja sesuai program, demi kesejahteraan masyarakat. Berbekal kemampuan dan pengalaman, saya yakin hal tersebut bisa dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Dalam pelantikan kali ini juga dihadiri Sekdakab Hery Suwito, Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi, unsur Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Kabupaten Mojokerto serta tokoh politik dan tokoh masyarakat. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar