Politik Pemerintahan

Dikritik Banyak Pengemis, Bupati Lumajang Balas Bupati Boltim

Bupati Lumajang Thoriqul Haq

Lumajang (beritajatim.com) – Viralnya video Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang menegur perkataan kasar Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar terhadap menteri sosial sebagai pembantu Presiden telah ditanggapi Bupati Lumajang hingga viral.

Cak Thoriq mengaku mengkritik perkataan Bupati Boltim Sehan Salim Lanjar karena sudah diluar etika birokrasi. Penyampaian kasar Bupati Boltim dengan kata tidak pantas terhadap pemimpin diatasnya tidak elok disampaikan.

“Bisa-bisa gubernur ngomong begitu ke presiden, atau bupati ke gubernur, kepala dinas dan camat ke Bupati,” paparnya saat meninjau pembagian BLT di Desa/Kecamatan Senduro, Rabu (6/5/2020).

Cak Thoriq mengaku sudah lega dengan sikap dan nada bicara dari bupati Bolmotim sudah tidak seperti diawal. Bupati adalah kepanjangan tangan dari pemerintah pusat dan harus kerja keras untuk mengatasi wabah.

Mengenai tudingan Bupati Boltim terkait kebijakannya jauh lebih baik dengan Lumajang. Cak Thoriq melihat masih tahap hanya sebagai kritik, tetapi secara demografis wilayahnya dengan Bltim jauh berbeda.

“Mengatasi orang 10 dengan orang 100 jauh berbeda,” terangnya.

Bupati Lumajang memberikan kritikan melalui video bagian dari seorang sahabat atau keluarga mengingatkan saudaranya dalam beretika komunikasi.

Sebelumnya Bupati Boltim Sehan Salim Landjar dalam video yang beredar mengungkapkan di Lumajang banyak orang pengemis dengan kemiskinan mencapai 12 Persen.

“Di Lumajang banyak peminta-minta (pengemis) di kita (Bolaang Mongondow) gak ada.” kata Sehan. (har/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar