Politik Pemerintahan

Didukung Mantan Bupati Sutrisno, Begini Respon Partai Pengusung Hanindhito Pramono

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro

Kediri (beritajatim.com) – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro memberikan tanggapan terkait dukungan mantan Bupati Sutrisno kepada Hanindhito Himawan Pramono dalam Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

“Kita tahunya pak Tris (Sutrisno) mendukung itu dari media. Tetapi riilnya kita belum tahu. Kedua, dukung-mendukung itu bagian dari demokrasi dan itu hak warga. Mendukung siapa atau tidak itu hak,” kata Murdi Hantoro, Rabu (26/2020).

Bagi PDIP, lanjut Murdi, didukung atau tidak oleh Sutrisno tidak mempengaruhi gerakan untuk memenangkan pasangan Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa dalam kontestasi. Mesin partai berlambang Banteng Moncong Putih tetap bergerak ke bawah untuk mencapai target kemenangan 80 persen suara.

“Didukung atau tidak oleh Pak Tris, PDIP tetap konsolidasi ke bawah. Bahkan sampai ke anak ranting untuk memenangkan Mas Dhito dengan target 80 persen,” tandas politisi senior PDIP ini.

Dengan dukungan sekitar tujuh hingga delapan partai politik terhadap pasangan Mas Dhito dan Mbak Dewi, nahkoda baru PDIP Kabupaten Kediri itu merasa sangat optimis mencapai target tersebut.

“Terkait itu, kami tidak akan terkecoh oleh manuver atau intrik-intrik tersebut. Kami tetap jalan, tetap konsolidasi dan untuk memenangkan mas Dhito,” tegasnya sekali lagi.

Murdi tidak ingin pernyataanya ini dinilai sebuah keraguan terhadap dukungan yang diberikan oleh Sutrisno. Ia meminta agar publik memahami apabila PDIP Kabupaten Kediri saat ini tidak menghitung lagi nama besar mantan Bupati Kediri dua pereode itu.

“Mohon dipahami, kami tidak menghitung Pak Tris. Mendukung silahkan, tidak silahkan. Tidak berpengaruh bagi kami, untuk melangkah memenangkan Mas Dhito. Karena Pak Tris, kami anggap sebagai orang luar,” celetuknya.

“Karena sudah mengundurkan diri dari Ketua DPC. Kemudian dari kepengurusan sudah tidak masuk. Kalau masalah keanggotaan itu, kewenangan DPP untuk melakukan pencabutan. Diberi mandat menjadi ketua, tetapi kemudian mengundurkan diri, bagi kami ya sudah,” pungkasnya.

Hal senada diutarakan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri, Lutfi Mahmudiono. Menjadi bagian dari partai koalisi pendukung putra Seskab Pramono Anung, NasDem merasa memiliki hak untuk menilai sikap dukungan mengejutkan dari Sutrisno.

“NasDem meragukan keikhlasan Sutrisno mendukung Mas Dhito. Saya menduga pernyataan Sutrisno hanya manuver politik sesaat. Dengan demiikian, NasDem sebagai pengusung Mas Dhito Mbak Dewi, tidak akan mempercayai manuvernya,” seru Lutfi.

Sebelumnya, mantan Bupati Kediri Sutrisno menyatakan dengan terbuka dukungannya terhadap Hanindhito Himawan Pramono di Pilbup Kediri 2020. Suami Bupati Kediri Haryanti Sutrisno itu menilai putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjadi calon yang terbaik dan pilihan masyarakat Kabupaten Kediri.

Disinggung tentang arah politiknya yang semula mendukung pasangan Mujahid – Eko Ediono, Sutrisno mengatakan bahwa pasangan yang didukungnya tidak mendapatkan rekomendasi dari partai apapun. Oleh karana itu dirinya sudah legowo. Terkait dukungan kongkrit, kini dirinya menunggu arahan dari Pramono Anung. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar