Politik Pemerintahan

Diduga Terjadi Pergeseran Tanah, Bangunan Gedung DPRD Bangkalan Retak

Pimpinan DPRD Bangkalan saat melakukan sidak ke gedung baru DPRD Bangkalan di Jalan Halim Perdana Kusuma.

Bangkalan (beritajatim.com) – Menindaklanjuti adanya retakan di bagian bangunan tangga pada gedung baru DPRD Bangkalan di Jalan Halim Perdana Kusuma, pimpinan DPRD Bangkalan mendesak dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan.

Wakil ketua DPRD Bangkalan, Fatkurrahman mengatakan meski retakan hanya terjadi di bagian luar gedung, namun harus segera diperbaiki. Ia juga menyayangkan hasil pekerjaan pihak ketiga yang kurang memuaskan. “Meskipun bangunan utama di klaim kokoh dan tidak akan terjadi retakan, tapi mereka lengah untuk bangunan sambungan di bagian tangga dan pot di bagian luar. Kami harap segera ada perbaikan,” tuturnya, Minggu (20/12/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Bangkalan, Ishak Sudibyo mengaku akan memperbaiki kerusakan tersebut dibantu oleh pihak ketiga yang akan melakukan pengerjaan finishing ruang paripurna dan beberapa bagian lain.

“Tahun depan kita masih ada pengerjaan untuk finishing. Jadi pihak ketiga siap membantu memperbaiki penyebab retakan disebabkan adanya penurunan tanah di musim hujan mengalami pergeseran,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota komisi C DPRD Bangkalan, Musawwir mengatakan, tahapan awal pembangunan, pelaksanan harusnya melakukan pengurukan pada tanah basah terlebih dahulu agar tak terjadi penurunan atau pergeseran. “Dari awal pembangunan saya sudah bilang, itu harus diuruk supaya tidak geser. Terbukti sekarang,” tegasnya.

Diketahui, bangunan gedung empat lantai tersebut menghabiskan dana sebanyak Rp 45 milyar. Gedung dibangun dengan konsep Floating Floor untuk menghindari adanya pergerakan tanah.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk