Politik Pemerintahan

Dibuka Jokowi, Rakernas XXIX IWAPI Akan Digelar di Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XXIX di Jatim pada 9-11 September 2019. Apa alasan Jatim sebagai tuan rumah?

Ketua Umum DPD IWAPI Jatim, Susmiati Rahmawati mengatakan, pihaknya bersyukur Jatim menjadi tuan rumah Rakernas XXIX karena sudah berprestasi di tingkat nasional.

“Pada Rakernas IWAPI tahun lalu, Jatim dinobatkan sebagai IWAPI teladan. Dengan prestasi itu, maka Jatim ditetapkan jadi tuan rumah Rakernas tahun ini,” katanya kepada wartawan di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Rabu (28/8/2019).

Menurut dia, ada beberapa keuntungan yang didapat ketika Jatim menjadi tuan rumah Rakernas. “Tentu kita akan kedatangan pengusaha wanita dari seluruh Indonesia dan kita bisa langsung business to business dengan mereka. Secara tidak langsung hal itu akan menggeliatkan perekonomian Jatim,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, dengan melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan ikut memamerkan hasil produknya juga akan semakin memperkenalkan dunia usaha Jatim secara nasional. “UMKM kita yang terbaik akan ikut dalam pameran produk dan itu akan memicu kemajuan ekonomi di Jatim,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I IWAPI Jatim, Renny Widya Lestari menambahkan, acara Rakernas nanti akan dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi. Ibu negara Iriana Jokowi akan membuka IWAPI Expo. Acara ini akan berlangsung di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Saat Pra Rakernas pada Juli 2019 lalu, IWAPI telah mengusulkan Pajak UMKM sebesar 0,5 persen dan bunga KUR diusulkan dari 7 persen menjadi 2 persen. “Pada malam hari pertama Rakernas ini akan dilengkapi dengan acara Gala Dinner yang akan berlangsung di Gedung Negara Grahadi dan diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa,” jelasnya.

Hari kedua Rakernas akan diisi dengan rapat masing-masing kelompok dan malamnya akan dilakukan Gala Dinner lagi yang kali ini akan dilaksanakan di Balai Kota Surabaya dan diterima langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. “Kami juga akan melaksanakan city tour dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya,” imbuhnya.

Setelah acara Rakernas selesai, IWAPI Jatim akan mengajak peserta Rakernas untuk mengunjungi obyek wisata di Jawa Timur. “Ada empat tempat yang akan dituju oleh peserta Rakernas yakni Bromo, Batu, Malang dan Madura,” pungkasnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar