Politik Pemerintahan

Di Tengah Pandemi Covid-19, Tim Lajnah Falakiyah NU Tetap Lakukan Pemantauan Hilal

Gresik (beritajatim.com) – Di tengah pandemi Covid-19, Tim Lajnah Falakiyah NU tetap melaksanakan rukyatul hilal Bulan Ramadan 1441 H/2020 Masehi di Bukit Condrodipo, tepatnya di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Salah satu Perukyat Lembaga Lajnah Falakiyah NU Gresik, Muhyiddin Hasan menuturkan, timnya sudah melakukan persiapan terkait rukyatul hilal, Kamis (23/4) besok di Bukit Condrodipo sesuai dengan SOP pemerintah.

“Meski ada pandemi Covid-19, kami tetap melakukan sesuai protap pemerintah. Memakai masker, ruangan disemprot disinfektan, dan perukyat mengenakan masker serta menjaga jarak,” tuturnya, Rabu (22/04/2020).

Ia menambahkan, rukyat yang dilakukan saat ini berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya, tidak semua orang masuk ke ruang perukyat. Mereka yang masuk hanya tim perukyat, perwakilan Kantor Kementrian Agama (Kemenag), kiai serta perwakilan media.

“Karena ada pendemi Covid-19. Kami membatasi diri jadi tidak semua diperkenankan masuk. Himbauannya tetap di rumah saja biar kami yang bekerja,” imbuhnya.

Muhyiddin memprediksi jika cuacanya mendukung. Timnya yakin bisa melihat hilal sebagai patokan pelaksanaan pembuka bulan suci Ramadan. “Mohon doanya saja, meski ada pandemi Covid-19 pelaksanaan ibadah puasa di Bulan Ramadan tetap berjalan,” ujarnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar