Politik Pemerintahan

Salah Satunya Galian C

Dewan Tuding Pemasukan dari Pajak Banyak Kebocoran

Gresik (beritajatim.com) – Komisi II DPRD Gresik menuding pemasukan dari sektor pajak masih banyak kebocoran. Salah satunya, dari sektor tambang galian C. Pasalnya, selain tidak dikenakan membayar pajak, mereka juga dianggap paling besar menyebabkan rusaknya jalan. Padahal, galian C yang berizin malah dikenakan pajak oleh Pemda Gresik.

Ketua Komsi II DPRD Gresik Solahudin mengatakan, terkait dengan itu pihaknya ada kajian mendalam untuk menghilangkan ketidakadilan ini. Karenanya, komisi II mengusulkan agar sektor pajak galian C ini menjadi salah satu sumber pendapatan daerah.

“Banyak galian C yang memiliki izin dan dikenakan pajak. Sementara yang tidak berizin bisa bebas pajak. Hal ini perlu dievaluasi agar bisa menjadi sumber pemasukan daerah,” katanya, Minggu (14/7/2019).

Masih terkait dengan itu, Bupati Sambari Halim Radianto mengaku pihaknya sudah melakukan upaya dalam menegakkan peraturan galian C. “Sebelumnya kami sudah melakukan komunikasi dengan Pemprov Jatim yang memiliki kewenangan perizinan dan pengawasan galian C. Hal ini karena Satpol PP sebagai penegak perda tidak bisa berbuat banyak. Tidak berani menangkap maupun melakukan peringatan pelaku galian C ilegal,” ungkapnya.

Sambari menuturkan, karena kewenangan yang diberikan kepada siapa belum ada kejelasan, dan belum ada koordinasi kewenangan siapa untuk evaluasi galian C ini belum jelas. Sehingga, pemda tidak bisa berbuat banyak.

“Saya mencontohkan penambangan galian C yang letaknya diantara Kabupaten Lamongan dan Gresik. Sulit membedakan sistem penambangan terbuka untuk bahan galian industri, biasa diterapkan untuk penambangan batu gamping, batuan andesit, granit, batu pualam, dan yang lainnya,” pungkasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar