Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dewan Gresik Matangkan Raperda Informasi Publik dan Kearifan Lokal

Gresik (beritajatim.com) – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dilakukan oleh Dewan terus dikebut. Salah satu Raperda inisiatif yang didorong Dewan Gresik adalah informasi publik dan kearifan lokal. Raperda tersebut ditargetkan rampung sebelum pergantian tahun 2022.

Semula raperda tersebut sudah dibahas dalam rapat paripurna DPRD Gresik pada 23 Mei 2022 lalu di masing-masing komisi sesuai dengan bidang, dan mitra kerja. Secara umum, regulasi tersebut berupa kearifan lokal yang dimiliki Kota Pudak.

Sedangkan untuk raperda tentang Penyelenggaraan Penyiaran Radio Suara Gresik, Anggota Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi mengatakan, regulasi tersebut diharapkan mampu menjadi penyeimbang informasi. Termasuk sarana yang dimiliki pemerintah daerah untuk menyampaikan program kerja.

“Dengan memberikan keseimbangan informasi. Sebagai upaya mengantisipasi disinformasi yang berujung pada berita hoaks,” katanya, Jumat (27/05/2022).

Selain itu, platfrom tersebut diharapkan mampu menjadi jendela informasi bagi masyarakat. Misalnya, dengan memperkenalkan kebudayaan dan memberikan hiburan positif kepada masyarakat.

“Media penyiaran di daerah memiliki peran strategis dan penting,” imbuh Hamdi.

Pertimbangan lainnya lanjut dia, penyelenggaraan penyiaran publik di daerah juga memerlukan badan hukum. Sehingga, diperlukan regulasi untuk menetapkan peraturan daerah tentang lembaga penyiaran publik lokal.

“Kami harap segera rampung dan bisa mengudara,” ungkapnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh anggota Komisi III Syaikhu Busiri. Menurutnya, kalau cuma bentuk radio konvensional saja dikuatirkan hanya terbatas pada radio saja. Padahal, saat ini sudah banyak berbagai fitur yang digunakan masyarakat untuk mengakses informasi.

“Kami berharap, dalam pembahasan nanti, terdapat poin yang mengatur tentang kebebasan inovasi. Misalnya, dengan memberikan kesempatan pihak terkait untuk memperlebar sayap melalui berbagai fitur. Untuk mewujudkan smart city di masa mendatang,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar