Politik Pemerintahan

Dewan Gresik Desak Saluran Air Segera Diperbaiki

Gresik (beritajatim.com) – Dewan Gresik mendesak agar saluran air yang menjadi penyebab banjir di wilayah perkotaan segera diperbaiki menjelang musim hujan. Terkait dengan persoalan itu, pemkab setempat langsung menindaklanjuti banjir dadakan itu dengan menerjunkan sejumlah petugas.

Mereka mulai membersihkan saluran air di Jalan Gubernur Suryo. Pasalnya, titik itu setiap kali hujan menjadi langganan banjir dadakan.

Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi mengatakan, meski sudah ada langkah maju, tapi pembersihan saluran air masih kurang. Karena itu pihaknya mendesak pemkab agar rutin membersihkan saluran-saluran.

“Menjelang musim hujan. Mana saja yang sering banjir dipetakan kemudian dicari solusinya. Jangan sampai jadi langganan banjir,” katanya, Minggu (30/08/2020).

Sejumlah titik yang kerap langganan banjir itu misalnya di wilayah Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), Jalan Gubernur Suryo, hingga Jalan Samanhudi Gresik. Hujan hanya beberapa menit pun sudah meluap. Penyebabnya, saluran air yang ada tidak bekerja maksimal.

Politisi PKB itu juga sudah menyampaikan terkait peta aliran air di kota. “Sudah ditindaklanjuti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR),” ujarnya.

Peta saluran air itu selama ini juga menjadi problem. Sebab, aliran air menjadi tidak terarahkan. Sehingga di sejumlah titik terdapat penumpukan air dari beberapa titik. “Peta saluran air ini sudah mulai dibuat. Tapi sepertinya belum jadi. Kalau ada petanya kan ngontrolnya lebih efisien. Ketika ada banjir, solusi bisa dipecahkan dengan cepat,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar