Politik Pemerintahan

Dewan Dorong Pemkab Gresik Tuntaskan Kali Lamong

Gresik (beritajatim.com) – Komisi III DPRD Gresik yang membidangi keuangan, dan pembangunan mendorong Pemkab Gresik untuk segera menuntaskan Kali Lamong yang saat ini belum ada titik pangkal ujungnya.

Ketua Komisi III Asroin Widiana menuturkan, persoalan Kali Lamong komisinya sudah bertemu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR). Yang perlu dikejar hasil pertemuan itu adalah mengenai alokasi anggaran pembebasan lahan.

“Meski pembangunan Kali Lamong bukan kewenengan pemda. Tapi, yang perlu digaris bawahi adalah kesepakatan MoU. Sebab, pemda punya diskresi untuk bisa masuk mengerjakan tapi bukan membangun namun normalisasi,” tuturnya, Senin (21/06/2021).

Menurut Asroin, yang menjadi kendala saat ini progres diskresi belum dipegang oleh pemkab. Hal ini karena kabupaten/kota yang dilintasi Kali Lamong belum menyerahkan laporan terkait apa yang boleh atau tidak dalam hal melakukan normalisasi.

“Ini menjadi permasalahan sendiri. Sebab, persoalan Kali Lamong bukan hanya Pemkab Gresik saja yang mengurusi tapi kabupaten/kota yang lain juga harus dilibatkan,” paparnya.

Sementara anggota Komisi III Abdullah Handi mengatakan, masalah Kali Lamong sebetulnya progresnya sudah jalan. Bahkan, pemenang lelang yang menggarap normalisasi ini sudah ada.

“Pelaksanaan proyeknya belum dilakukan. Tapi alat berat sudah ditempatkan di Desa Jono, Kecamatan Cerme yang dilalui Kali Lamong. Keberadaan alat berat untuk mengeruk sendimentasi,” pungkasnya. (dny/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar