Politik Pemerintahan

Pasca Libur Lebaran

Deteksi Dini Covid-19, 139 ASN Pemkab Kediri Jalani Rapid Tes Antigen

Kediri (beritajatim.com) – Sebagai upaya deteksi ini sekaligus menekan terjadinya penularan Virus Covid-19 pasca libur Idul Fitri. Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kediri mengikuti tes cepat antigen di hari pertama masuk kerja, Senin (17/5/2021).

Ada kurang lebih 139 pejabat eselon 3 termasuk Camat dan Sekcam mengikuti tes cepat antigen ini. Sedangkan tes antigen ini dilakukan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Kabid Mutas BKD Kabupaten Kediri, Hanatul Mufida, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengetahui kondisi kesehatan ASN di Kabupaten Kediri. Ia mengakui bahwa tindakan preventif tersebut perlu dilakukan BKD Kabupaten Kediri. Sehingga, kesehatan para ASN itu dapat segera diketahui Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Utamanya, tes ini dilakukan untuk menghindari terjadinya risiko besar terhadap dampak Covid-19. Pencegahan terhadap penyebaran virus corona di tingkat Aparatur Sipil Negara memang perlu dilakukan. Pasalnya selama libur lebaran kemarin tidak menutup kemungkinan para ASN tetap melakukan mudik, bersilaturahmi atau berwisata meski telah dilarang sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Hanatul Mufida mengatakan, dari hasil rapid tes antigen ini tidak ditemukan ASN yang menunjukkan ke arah positif covid 19.

“Sedangkan untuk pejabat dengan tingkat lainnya, akan dilakukan tes serupa dalam waktu dekat,” ungkapnya. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar