Politik Pemerintahan

Desa Tanon Kediri Terima Penghargaan, Gegara Warganya Sudah Tak BAB Sembarangan

Kediri (beritajatim.com) – Desa Tanon menjadi salah satu penerima penghargaan dari pemerintah, setelah warganya dinyatakan bebas buang air besar sembarangan. Melalui penghargaan tersebut, pihak pemerintah desa berharap kesehatan masyarakatnya semakin meningkat.

Anugerah yang diterima Desa Tanon ini berupa piagam penghargaan Open Defecation Free (ODF). Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi semua masyarakat Desa Tanon sudah sadar dan tidak buang air disembarang tempat.

ODF merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air sembarangan sehingga tidak menimbulkan pencemaran maupun penyakit . Program itu dilaksanakan untuk mewujudkan kabupaten kediri sehat dengan tidak buang air besar sembarangan.

Bagi pemerintah Desa Tanon, penghargaan yang diberikan diharapkan dalam memacu semangat warganya dalam menjaga kesehatan lingkungan. Saat ini, sudah tidak ada warga tanon yang buang air sembarangan, salah satunya di sungai.

“Bagi kami sebenarnya ya biasa-biasa saja. Tetapi saya berharap melalui program ini, warga semakin bersemangat kembali untuk menjaga kesehatan lingkungan. Sekarang ini sudah tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan,” ujar Kusnadi Kepala Desa Tanon.

Diakui Kurnadi, sebelumnya ada warganya yang buang air besar ke sungai karena tidak memiliki jamban. Selain itu ada beberapa warga yang tempat BAB-nya juga belum memadai. Dengan bantuan pembuatan jamban dari pemerintah, akhirnya seluruh warga sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

Untuk diketahui, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM merupakan kebijakan yang bertujuan untuk memberikan arahan mengenai sanitasi, sekaligus mempercepat pencapaian suistainable developments goals. Tahun sebelumnya, pemkab kediri juga mendapat bantuan 158 unit jamban dari Bank Jatim Kediri.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan diberikan kepada beberapa wilayah di Kabupaten Kediri, sehingga kedepan masyarakat akan lebih tertib untuk buang air besar di tempat yang telah disediakan. Sementara itu, selain Desa Tanon, sejumlah Desa di Kabupaten Kediri juga menerima penghargaan yang sama. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar