Politik Pemerintahan

Desa Sananrejo Turen Mulai Siapkan Satgas Penanganan Corona

Malang (beritajatim.com) – Animo warga untuk bergabung sebagai relawan Satgas Penanggulangan Wabah Corona atau Covid-19 cukup tinggi. Salah satunya, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Pada Rabu (15/4/2020), relawan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 dikukuhkan. Setelah menjalani proses seleksi, seluruh relawan ini, lalu diberi masker dan juga kaos bertuliskan Penanggulangan Bencana Satgas Desa Sananrejo.

Kepala Desa Sananrejo Erna Yustining mengatakan, pengukuhan Satgas Penanggulangan Covid-19 ini diawali dengan koordinasi bersama seluruh ketua RT dan RW di 3 pedukuhan. “Kalau sudah dikukuhkan, masing-masing pihak harus punya rasa tanggung jawab mengenai tugas dan kewajibannya,” kata Erna.

Menurut Erna, atas merebaknya wabah corona, pemerintah desa sudah melakukan beberapa kali pengompresan dengan cairan anti bakteri. Pihaknya juga mengajak seluruh warga untuk terus berikhtiar dan mengantisipasi, khususnya menjelang mudik lebaran nanti. Karena saat mudik itulah banyak kedatangan warga desa, baik dari tingkat lokal bahkan internasional.

Erna melanjutkan, pengukuhan Satgas ini untuk mengantisipasi keluar masuk warga di desa berpenduduk 11 ribu jiwa ini. Salah satu caranya, dengan memasang portal satu titik portal untuk setiap dusun.

“Setiap dusun itu juga terdapat Linmas bersama petugas yang lain. Manakala terjadi sesuatu, mereka bisa melapor ke Posko inti yang selalu standby di kantor desa. Selanjutnya, dilakukan pengecekan oleh tim Satgas inti yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari BPD, Babinkamtibmas, Babinsa serta bidan desa,” paparnya.

Erna melanjutkan, khusus kegiatan keagamaan saat bulan suci Ramadan nanti, pihaknya masih menunggu arahan dari ranting dan MWC NU Kecamatan Turen. “Kami segera berkoordinasi dengan NU baik tingkat ranting maupun MWC Turen. Nanti kami ambil langkah terbaik, karena itu menjadi kebijakan bersama. Yang jelas, dalam hal ini kami masih menunggu imbauan termasuk dari Pemkab Malang,” urainya.

Terpisah, Agung Dwi Susanto selaku tokoh masyarakat Desa Sananrejo menambahkan, dalam kondisi seperti saat ini, Pemdes Sananrejo sudah berusaha untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat. Selanjutnya, pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat harus bersama-sama ikut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan Covid-19 ini, tidak sampai menjalar di Desa Sananrejo.

“Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemdes Sananrejo saat ini, masyarakat bisa terhindar dari Covid-19. Sehingga perekonomian warga yang kini terpuruk bisa pulih seperti sediakala,” pungkasnya. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar