Politik Pemerintahan

Desa Agrowisata Miliki Potensi Besar, Bupati YES : Optimis Kebangkitan Ekonomi Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Di sela peninjauan penerapan PPKM Mikro di Kecamatan Karanggeneng dan Kecamatan Solokuro, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (YES) didampingi Kapolres AKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Letkol Infantri Sidik Wiyono melakukan penanaman pohon durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro, Jumat (25/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati YES menyampaikan keoptimisannya terhadap kebangkitan ekonomi Lamongan melalui Desa-Desa Agrowisata, salah satunya Desa Sugihan yang memiliki potensi luar biasa tersebut.

“Desa Sugihan memiliki potensi yang cukup besar, banyak tanaman-tanaman buah yang sehingga mendukung untuk dijadikan sebagai Desa Agrowisata. Ditambah dengan ide dan inovasi yang dilakukan oleh aparat desa dan masyarakat melalui BUMDes setempat semakin menumbuh kembangkan potensi yang ada,” ungkap Bupati YES.

Saat melakukan lawatan tersebut, Bupati YES juga sengaja mengajak pihak Perbankan untuk menunjukkan potensi Desa Sugihan sebagai Agrowisata. Hal itu dilakukan agar nantinya pihak Perbankan dapat memberikan dukungan dana kepada UMKM yang ada di sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sugihan, Khusnul Sakin mengungkapkan, jika sebelumnya hanya terdapat 20 sampai 30 buah pohon durian yang siap panen, maka saat ini sudah terdapat 2.500 batang pohon durian. Tak hanya durian, beberapa buah juga telah ditanam untuk mendukung Desa Sugihan sebagai Desa Agrowisata.

“Selain durian, kami juga menanam pohon pisang cavendish yang kurang lebih ada 4.000 pohon. Ada pohon jeruk, belimbing, kelengkeng, dan rambutan. Selain menanam beberapa macam buah itu, di sini juga telah disiapkan ojek dan kereta kelinci untuk mengangkut para pengunjung, jalan usaha tani pun sudah berupa beton,” ungkap Kades Khusnul Sakin.

Lebih lanjut, Khusnul Sakin juga menambahkan, bahwa ke depannya akan disediakan satu hektar tanah bengkok desa untuk dibangun gazebo-gazebo sebagai tempat istirahat. Bahkan, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan UMKM setempat untuk menyediakan produk olahan makanan.

“Pada tahun 2021 ini tidak dianggarkan dana untuk pembangunan fisik karena Anggaran Dana Desa lebih diprioritaskan untuk dana sosial termasuk untuk penanggulangan Covid 19,” sambungnya.

Terkait harapannya ke depan, Khusnul Sakin menyebutkan bahwa Desa Agrowisata Sugihan ini diharapkan mampu menjadi salah satu tujuan wisata, baik masyarakat Lamongan maupun luar Lamongan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Usai melakukan penanaman pohon dan peninjauan desa Agrowisata Sugihan, Bupati YES bersama Kapolres Lamongan dan Dandim 0812 Lamongan menyempatkan diri untuk menyapa warga Sugihan. Bahkan, beliau juga menyerap aspirasi dan berbagai usulan dari warga setempat.

Usulan-usulan tersebut, meliputi perbaikan jalan, pemasangan lampu penerangan jalan, fasilitasi pengadaan bibit durian, fasilitasi teknologi pasca panen, permasalahan hama tikus, penambahan produksi berupa buah-buahan berupa kelapa, dan dukungan pelaksanaan desa agrowisata, serta teknologi pembuatan pupuk organik.

“InsyaAllah nanti kita fasilitasi. Nanti saya akan berusaha mempertemukan dengan ahli, kita memfasilitasi, menjembatani supaya aspirasi penjenengan sedoyo ini bisa optimal dan hasil panennya juga optimal,” kata terang YES.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar