Politik Pemerintahan

Demokrat Pamekasan Belum Setor Komposisi Fraksi

Gedung DPRD Pamekasan di Jl Kabupaten 107 Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu dari tujuh total fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, yakni Fraksi Partai Demokrat belum mengusulkan nama-nama komposisi struktural fraksi di gedung wakil rakyat untuk periode 2019-2024.

Ketujuh fraksi tersebut terdiri dari lima partai politik (parpol) berbeda yang mendapatkan jatah satu fraksi, yakni Fraksi Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara lima parpol lainnya harus menjalin koalisi membentuk fraksi, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) tergabung dalam Fraksi Madani. Sementara Partai Amanat Nasinon (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) berkoalisi dalam Fraksi PAN-NasDem.

“Dari total tujuh fraksi di DPRD Pamekasan, hanya satu fraksi yang belum mengusulkan, yakni Partai Demokrat. Sedangkan enam fraksi lainnya sudah diusulkan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Persidangan DPRD Pamekasan, Fathorrahman, Jum’at (13/9/2019).

Bahkan dari enam fraksi yang berkantor di Gedung DPRD Pamekasan di Jl Kabupaten 107, seluruhnya sudah membentuk komposisi fraksi dan disetor ke bagian sekretariat. Termasuk posisi ketua fraksi di lingkungan DPRD setempat.

Semisal Fraksi Gerindra yang dipercayakan kepada Rida’i sebagai ketua fraksi, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi. Selanjutnya Ketua Fraksi Madani dijabat polisi Golkor, Achmad Tatang dan Fraksi PAN-NasDem dijabat Hamidi.

Sementara untuk unsur pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua) DPRD Pamekasan, nantinya akan diisi oleh para politisi dari perwakilan lima parpol berbeda yang memastikan mendapat jatah satu fraksi. Masing-masing Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKB, PKS dan PPP.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari Partai Demokrat, yang hingga saat ini belum mengusulkan pimpinan di tingkat fraksi. Termasuk saat menghubungi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Pamekasan, Hermanto juga belum mendapatkan respon seputar posisi internal partai di gedung wakil rakyat. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar