Politik Pemerintahan

Demo Ricuh, Mahasiswa Geruduk Kantor Satpol PP Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa Sumenep (FAMS) di depan Kantor Bupati setempat, berakhir ricuh.

Terjadi aksi saling dorong dan saling jotos antara mahasiswa dengan Satpol PP dan Polisi yang mengamankan demo. Versi mahasiswa, ada oknum Satpol PP yang memukul peserta demo hingga terluka.

“Saya juga kena pukul anggota Satpol PP hingga bibir saya berdarah. Belum lagi teman-teman yang lain, juga ada yang kena pukul,” kata Korlap Aksi, Junaidi, Rabu (27/02/2019).

Kericuhan berawal ketika mahasiswa merasa jengkel karena sudah satu jam lebih berorasi, tidak ada satupun pejabat yang menemui. Mahasiswa menginginkan Bupati atau Wakil Bupati Sumenep yang keluar menemui mereka.

Mahasiswa pun memaksa masuk melalui gerbang sebelah barat, namun dihadang aparat. Sempat terjadi aksi saling dorong. Ketika mahasiswa melihat pintu gerbang sebelah timur yang menjadi pintu keluar kantor Bupati dibiarkan terbuka, mahasiswa pun berlari masuk melewati pintu timur.

Melihat itu, Satpol PP tidak tinggal diam, dan langsung menghadang mahasiswa. Demo pun berlangsung ricuh. Mahasiswa tidak terima dan berganti meluruk Kantor Satpol PP.

“Kami tidak terima dengan tindakan oknum Satpol PP. Kami ingin pimpinan Satpol PP menindaktegas anak buahnya yang telah memukul kami,” tandas Junaidi.

Aksi demo FAMS mengkritisi kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep. A. Busyro Karim – Achmad Fauzi. Para mahasiswa mengawali aksinya dengan berjalan mundur dari depan rumah dinas Wakil Sumenep, Achmad Fauzi. Aksi jalan mundur itu mereka lakukan hingga di depan kantor Bupati. Aksi jalan mundur ini sebagai simbol mundurnya pemerintahan di Sumenep.

Mahasiswa berorasi, menyuarakan kepemimpinan Bupati – Wabup yang dianggap gagal. Sembilan program unggulan yang digembar-gemborkan di awal, dinilai hanya sebatas janji. Termasuk program mencetak 5.000 wirausaha muda yang dianggap tidak berdampak meningkatkan ekonomi masyarakat. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar