Politik Pemerintahan

Delapan Partai Solid Dukung Machfud Arifin-Mujiaman

Surabaya (beritajatim.com) – Delapan koalisi partai yang terdiri dari PKB, PPP, NasDem, Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar dan PKS solid mengusung serta mendukung pasangan Calon Wali Kota Machfud Arifin dan Calon Wakil Wali Kota Mujiaman untuk memimpin Kota Surabaya. Delapang partai ini pun optimis pasangan pemimpin tersebut dapat mendulang suara di masyarakat dan memenangkan Pilwali Surabaya 2020.

“Saya berharap dan kita semua berharap pasangan Pak Machfud Arifin dan Pak Mujiaman dapat memenangkan ajang Pilwali Kota Surabaya dengan dukungan partai koalisi dan seluruh elemen masyarakat Kota Pahlawan,” ungkap Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta ketika menyerahkan surat dukungan atau B. 1 – KWK kepada pasangan Cak Machfud dan Mujiaman.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden PKS Sohibul Iman juga mengatakan akan mengerakkan seluruh kader dan simpatisan untuk mendukung dan memenangkan pasangan yang telah didukung yakni Cak Machfud dan Mujiaman. Tak hanya menggerakkan kader dan simpatisan PKS di Surabaya, Sohibul Iman juga berharap agar seluruh partai koalisi dan pasangan Cak Machfud – Mujiaman saling bantu untuk memenangkan posisi pemimpin pemerintahan Kota Surabaya.

“Insya Allah PKS akan berkontribusi secara maksimal, oleh sebab itu saya meminta agar seluruh partai koalisi bekerja sama untuk memenangkan pasangan kepala daerah yang didukung,” kata dia.

Di samping itu, kolisi delapan partai pengusung dan pendukung ini percaya pasangan Cak Machfud dan Mujiaman yang merupakan dari kalangan profesional dapat memajukan Kota Surabaya lebih dari saat ini. Sebagaimana diketahui kedua figur tersebut kaya akan pengalaman dan prestasi ketika memimpin.

Cak Machfud sendiri adalah mantan Kapolda tiga kali di tiga provinsi berbeda. Yang pertama di Provinsi Maluku Utara (Malut) kemudian Kalimantan Selatan (Kalsel) dan terakhir di Jawa Timur (Jatim). Di ketiga provinsi ini pria kelahiran Ketintang tersebut meninggalkan bangunan untuk generasi penerus kepolisian. Diantaranya adalah rumah dinas, rumah sakit dan rumah ibadah.

Oleh karenanya, Mendagri Tito Karnavian saat masih menjadi Kapolri terkagum-kagum atas pembangunan yang dilakukan oleh Cak Machfud di lingkungan kepolisian. Di samping itu, berkat kepiawaian Cak Machfud dalam memimpin, Presiden Jokowi menugaskan sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019.

Ia pun menorehkan prestasi menakjubkan dengan berhasil memberikan 66.8 persen suara kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf di Jatim. “Butuh penanganan serius untuk Kota Surabaya dan dibutuhkan figur seperti Pak Machfud Arifin untuk ini. Pak Machfud Arifin dapat membuat Surabaya menjadi lebih baik lagi, beliau mendapatkan dukungan dari PKB sepenuhnya,” ujar Ketua DPW PKB yang juga Menteri DPDTT Abdul Halim Iskandar.

Sementara itu, Cawawali Surabaya yang diusung, Mujiaman Sukirno merupakan mantan Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya. Sebelum menjadi Dirut PDAM, Mujiaman bekerja di perusahaan asing selama 25 tahun.

“Pak Mujiaman seorang profesional yang telah berpengalaman di dunia birokrasi sejak lama, dia tau seluk beluk bagaimana kerja birokrasi untuk melayani rakyat, juga sudah tau menata birokrasi untuk mendukung visi dan misinya Pak Machfud Arifin supaya terwujud nanti jika diamanahkan menjadi pasangan pemimpin pemerintahan Kota Surabaya, tidak ada keraguan dari sisi kapasitasnya,” tutur Ketua DPW Golkar yang juga Anggota DPR RI dapil Jatim VI, Sarmuji.

Lima tahun pertamanya dihabiskan untuk bekerja di Perusahaan Jepang, Asahi Chemical. Kemudian dilanjutkan di perusahaan pengelolaan air terbesar di dunia milik Bill Gates, Eco Lab selama 20 tahun. “Kita sangat senang dengan Pak Mujiaman mendampingi Pak Machfud Arifin, dia orang yang profesional, memiliki pengalaman di dalam dan luar negeri terkait perairan juga di perusahaan milik Bill Gates,” ucap Ketua DPD NasDem Surabaya, Robert Simangunsong.

Orang lain seantero dunia berebut untuk masuk ke dalam perusahaan Bill Gates, namun setelah 20 tahun, Mujiaman memutuskan untuk kembali ke Surabaya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di tanah kelahirannya. Selama menjadi Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman mengantongi segudang prestasi.

Selama kurun waktu pasca dipilih sebagai Dirut, kinerja PDAM Surabaya mengalami peningkatan. Pada laporan keuangan 2018, pendapatan usaha PDAM Surabaya mencapai Rp 709 miliar. Ini berkat keberhasilan Mujiaman meningkatkan pertumbuhan penggunaan air Kota Surabaya yang tadinya 1-2 persen menjadi 10 persen.

“Pak Mujiaman sendiri juga telah banyak mengantongi berbagai prestasi selama menjabat sebagai Dirut PDAM. Jadi kalau dia mendampingi Pak Machfud Arifin, komitmen kami juga tidak berubah yaitu tetap solid mendukung hingga menang,” kata Ketua DPD PAN Surabaya, Hafid Suaidi.

Di lingkungan PDAM Surabaya juga Mujiaman berhasil menerapkan manajemen pengelolaan perusahaan anti suap berstandar internasional yakni ISO 37001. “Pak Mujiaman ini profesional yang telah teruji, para anggota partai wajib meneruskan komitmen untuk mendukung dan memenangkan Pak Machfud Arifin beserta Pak Mujiaman di Pilwali 2020 Surabaya,” ujar Ketua DPC Gerindra Surabaya, Sutadi.

Maka dari itu, dengan semakin jelasnya pasangan Cak Machfud dalam Pilwali Surabaya 2020, mesin partai diharapkan semakin memanas untuk mendukung dan memenangkan proa kelahiran Ketintang tersebut.

“Semakin all out dan tancap gas sekarang. Kalau umpamanya kemarin perseneling 2 atau 3, sekarang perseneling 4 kalau perlu 5, kan gitu. Jadi ngegas banget sekarang ini, karena sudah jelas pasangan yang kita dukung,” ungkap Ketua DPC PPP Kota Surabaya Buchori Imron. [hen/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar