Politik Pemerintahan

Dekranasda Kota Kediri Gelar Workshop Pelatihan Penulisan Konten Kreatif

Kediri (beritajatim.com) – Memahami teknik digital marketing dalam aspek strategi promosi dan komunikasi di era digital adalah hal yang wajib untuk diketahui para penggiat UKM terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu, Dewan Kerajinan nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan workshop Menulis Konten Kreatif untuk Pemasaran Produk Kriya yang bertempat di Warunk Upnormal Kediri, Selasa (25/05).

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Iqbal Aji Daryono, penulis dan pegiat media sosial yang terhubung secara virtual dari Yogyakarta dan diikuti 20 pelaku UMKM Kota Kediri di bidang kerajinan, aksesoris dan fashion yang telah diseleksi melalui pendaftaran terbuka sebelumnya.

Kegiatan workshop tersebut juga bisa disaksikan langsung di kanal Youtube HarmoniTV. Seluruh peserta tampak antusias mendengarkan penjelasan dan aktif bertanya.

Saat membuka kegiatan workshop tersebut, Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar menyampaikan pemasaran di era digital saat ini lebih banyak menggunakan bahasa tulisan daripada bahasa lisan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Untuk itu, para pelaku kriya harus memiliki kemampuan menulis rangakaian kalimat yang benar-benar mengena untuk mendapatkan respon positif dari calon pelanggan.

Dekranasda bermaksud memberikan sarana dan tempat belajar bersama untuk pelaku UMKM bagaimana menulis konten kreatif memasarkan produk yang dimiliki. “Di era saat ini rasanya kita sudah tidak bisa menjadikan platform online atau sosial media sebagai suatu pilihan, tetapi sebagai sebuah keharusan untuk memasarkan produk,” ujar Ferry Silviana Abu Bakar Ketua Dekranasda Kota Kediri.

Menurut Ketua Dekranasda Kota Kediri, kemampuan menulis memiliki efek yang sangat dahsyat dan luar biasa sebagai daya tarik pembeli. Kepada seluruh peserta Ferry Silviana berharap, kegiatan workshop tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Pokoknya tanya habis-habisan sama Mas Iqbal, ambil ilmunya sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Event ini sejalan dengan program-program yang mendukung kebangkitan sektor UMKM yang diluncurkan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Diantaranya etalase khusus PUSAKA (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri) yang merupakan program kolaboratif Pemkot Kediri bersama toko-toko retail modern di Kota Kediri. Adanya ruang khusus yang didedikasikan bagi produk-produk lokal ini akan menjadikan masyarakat lebih mengenal produk-produk UMKM Kota Kediri. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar