Politik Pemerintahan

Deklarator KAMI Rochmat Wahab Bukan Keturunan KH Wahab Chasbullah

Cucu keponakan KH Wahab Chasbullah, KH Fadlullah Malik atau Gus Fad (tengah pakai batik) saar memberikan keterangan pers, Sabtu (14/11/2020) [foto/yusuf wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Banyak yang menghubungkan salah satu deklarator KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) Prof Rochmat Wahab adalah keturunan (zuriyah) dari pendiri NU (Nahdlatul Ulama) KH Wahab Chasbullah, asal PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang.

Padahal, Prof Rochmat Wahab yang merupakan guru besar UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) ini tidak ada hubungannya dengan keluarga KH Wahab Chasbullah. Pernyataan itu ditegaskan cucu keponakan KH Wahab Chasbullah, yakni KH Fadlullah Malik atau Gus Fad.

“Banyak yang bertanya apakah Prof Rochmat Wahab ini masih keturunan Kiai Wahab Chasbullah, Tambakberas. Disini saya luruskan bahwa beliau bukan zuriyah dari pendiri NU. Kebetulan namanya saja persis. Saya sudah kroscek ke Gus Hasib Wahab (putra KH Wahab Chasbullah),” ujar Gus Fad ketika ditemui di sela silaturahmi pengurus empat pondok pesantren Jombang di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Sabtu (14/11/2020).

Namun demikian, Gus Fad mengakui bahwa mertua Prof Rochmat pernah di Jombang. Bahkan deklarator KAMI itu pernah menjadi dosennya saat Gus Fad kuliah di Undar (Universitas Darul Ulum Jombang). Gus Fad juga mengenal istri Prof Rochmat. “Memang beliau pernah di Jombang. Tapi bukan dari keluarga (pesantren) Tambakberas,” ujar mantan Ketua GP Ansor Jombang ini.

Gus Fad mengakui, sejak nama mantan Rektor UNY ini mencuat seiring dengan deklarasi KAMI yang digawangi mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmatyo, Gus Fad sering menerima pertanyaan dari masyarakat apakah Profesor Rochmat masih keturuan Kiai Wahab Chasbullah atau bukan. Apalagi, kabarnya Prof Rochmat juga pernah menjabat sebagai Ketua PWNU DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Gus Fad sendiri merupakan cucu keponakan dari KH Wahab Chasbullah. Gus Fad adalah cucu dari adik kandung KH Wahab Chasbulah yang bernama KH Chamid Chasbullah. Disinggung apakah kiprah politik Rochmat Wahab sebagai deklarator KAMI merugikan keluarga besar KH Wahab, Gus Fad mengaku, secara pribadi dia tidak dirugikan.

“Itu tanggung jawab pribadi yang bersangkutan. Tapi kalau misalnya dia mengatasnamakan keluarga Chasbullah Wahab, tentu harus ada pelurusan, meskipun harus tabayun (konfirmasi) dulu,” kata mantan anggota DPRD Jombang ini. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar